Satutenda.com
Traveling

Pesona Alam Pulau Siput, Wisata Unik dan Ikonik Milik Pulau Lembata

Wisata di pulau Lembata

Pesona Alam Pulau Siput, Wisata Unik dan Ikonik Milik Pulau Lembata, Satutenda.com – Pulau Siput merupakan salah satu wisata di pulau Lembata yang terletak di tengah laut, di dekat kota Lewoleba. Lewoleba merupakan ibukota kabupaten Lembata.

Sebelum mengulas tentang tempat wisata ini, saya ingin bercerita sedikit asal mula hadirnya artikel ini. Ide tulisan ini bermula dari cerita salah satu sahabat saya yang merupakan gadis Lembata. Ia kerap membanggakan wisata pulau Siput ini.

Beberapa waktu lalu, ia berlibur ke Lembata. Memanfaatkan momentum ini, saya memintanya (sedikit memaksa, hehe…) agar ia menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau Siput ini. Usai mengunjungi pulau Siput, ia mengirimkan beberapa foto dan video tentang keindahan tempat wisata ini.

Dihantui rasa penasaran usai melihat isi video dan sejumlah foto yang sudah ia kirimkan, saya mulai menanyakan informasi detail tentang wisata pulau Siput ini. Dengan segala kesabarannya, sahabat saya menjelaskan seluruh perjalannya menuju lokasi wisata ini.

Karena saya juga mencintai dunia traveling, maka saya berniat untuk membagikan informasi ini kepada teman-teman sesama pecinta traveling. Siapa tahu usai membaca tulisan ini, ada yang jatuh cinta dengan keindahan pulau Siput.

Jadi, pulau Siput ini merupakan sebuah daratan berupa timbunan pasir yang hanya akan muncul ketika air laut dalam kondisi surut dan akan tergenang ketika air laut pasang.

Bisa dikatakan bahwa tempat ini merupakan wisata unik yang dimiliki pulau Lembata. Unik karena ia hanya akan terlihat di beberapa waktu saja, tergantung kondisi pasang surutnya air laut.

Wisata di pulau Lembata
Pulau Siput saat siang hari (Foto : Instagram.com/delcastillo94)

Nama pulau Siput sendiri sudah sangat familiar di kalangan traveler yang sudah pernah berwisata ke pulau Lembata. Tapi, mungkin ada beberapa traveler juga yang belum mengetahui keberadaan wisata ini.

Berdasarkan sejarah, nama pulau Siput ini lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama pulau Awololong.

Namun karena di pulau ini sering dijadikan warga setempat sebagai tempat mencari siput, maka secara luas mulai dikenal dengan istilah pulau Siput.

Bagi teman-teman yang belum pernah ke sini, janganlah membayangkan jika pulau ini akan terlihat sama layaknya sejumlah pulau di tengah laut pada umumnya.

Di daratan ini kita hanya akan menjumpai hamparan pasir yang luas tanpa terhalang tumbuhan apapun. Tak hanya itu, pulau Siput juga merupakan pulau yang tak berpenghuni. Jadi, indahnya pulau ini bisa dinikmati dengan leluasa tanpa terhalang apapun.

Para pengunjung yang ada di area Lembata, biasanya memilih untuk mengunjungi pulau Siput pada waktu sore hari agar bisa menikmati suasana senja.

Maka lebih disarankan bagi teman-teman traveler yang ingin berwisata ke sini, sebaiknya pada sore hari. Biar pandangan matamu bisa dimanjakan oleh keindahan sunset milik pulau Siput.

Wisata di pulau Lembata
Senja di pulau Siput (Foto : Instagram.com/jhyujhyuawawahu)

Sebelum berwisata ke pulau ini, kita harus memastikan bahwa pulau Siput ini benar-benar sudah terlihat di permukaan. Biasanya para nelayan di sekitar pantai sudah tahu, kapan pulau Siput ini akan muncul.

Akses menuju lokasi wisata ini tidak jauh dari bibir pantai di kota Lewoleba. Diperkirakan memakan waktu sekitar 2-5 menit, dengan menggunakan perahu kecil.

Wisata di pulau Lembata
Transportasi Perahu menuju pulau Siput, Lembata (Foto : Instagram.com/byras_choijy_ask)

Untuk masyarakat NTT pada umumnya, semuanya pasti sudah bisa menebak jalur akses menuju pulau Lembata ini.

Tetapi bagi para pelancong di luar NTT, misalnya area Jawa dan sekitarnya yang ingin mengunjungi pulau Siput ini, akses satu-satunya yang paling cepat adalah menggunakan pesawat dengan tujuan akhir bandar udara Wonopito – Lewoleba.

Tiba di bandara, teman-teman tinggal menggunakan jasa transportasi berupa taksi atau ojek yang tersedia di area sekitar.

Baca Juga : Wisata Alam Pantai Bobu, Kekayaan Alam Lembata yang Tersembunyi

Sampaikan saja bahwa teman-teman ingin berwisata ke pulau Siput. Para pengemudi sudah pasti tahu dan akan langsung mengantar ke lokasi pantai.

Dari bibir pantai menuju pulau Siput, teman-teman bisa menyewa perahu-perahu milik nelayan setempat yang sering mangkal di pesisir pantai. Tarifnya berkisar Rp. 45.000 – 50.000 per orang dan berlaku untuk perjalanan pergi dan untuk perjalanan pulang.

Jadi setibanya di pulau Siput, pengemudi perahu akan tetap menunggui teman-teman hingga pulang, sehingga tidak perlu khawatir akan ketinggalan perahu. Pengemudi juga akan mengingatkan kepada para pengunjung, kapan kondisi air laut akan kembali pasang.

Bagi yang ingin mengunjungi pulau Lembata, jangan sampai lupa dan tidak mengunjungi wisata pulau Siput ini. Kami menjamin, bahwa wisata pulau Siput memang indah teman, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen perjalanan kamu.

Bagi yang belum pernah mengunjungi pulau Siput, tontonlah video berikut. Semoga eloknya pulau Siput mengundang langkahmu suatu hari nanti.

 

Sumber informasi : Angel, 

Follow Instagramnya di @delcastillo94

ARTIKEL TERKAIT

SIMAKSI Gunung Gede-Pangrango harus Dilakukan secara Online. Ini Panduannya.

Steve Elu

Pantai Ria, Wisata Pantai Favorit di Pusat Kota Ende

Edeltrudizh

Ini 3 Tempat Wisata Paling Hits Di Pusat Kota Kupang

Edeltrudizh