Satutenda.com
Image default

Sejumlah Gunung Mulai Buka untuk Pendakian Pasca Covid-19. Apa saja Syaratnya?

Gunung Mulai Buka, Satutenda.com – Sejumlah gunung mulai buka untuk kegiatan pendakian. Kamu yang sudah tidak sabaran pengen nanjak, akhirnya harapan dan doamu terjawab.

Nah, kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk memulai pendakian pasca pandemi covid-19, kamu perlu memperhatikan aturan-aturan pendakian agar tidak menyesal. Nggak enak banget kan, sudah jalan jauh-jauh, eh ternyata tidak bisa mendaki.

Lantas, gunung-gunung mana saja yang mulai mengijinkan aktivitas pendakian?

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung di Jawa Barat yang mulai buka kembali untuk aktivitas pendakian.

“Mulai hari ini, 26 Juni 2020, wisata alam gunung Ciremai wilayah Kuningan sudah bisa sobat kunjungi. Sedangkan wilayah Majalengka mulai dibuka besok, 27 Juni 2020,” demikian penggalan dalam pengumuman yang disampaikan oleh pengelola Taman Nasional Gunung Ciremai.

BACA: Kisah Pendakian Menuju Puncak Gunung Ciremai dari Jakarta Via Palutungan

Nah, selain membawa logistik dan perlengkapan pendakian, bagi pendaki dari luar Kuningan, Majalengka, dan Cirebon, wajib membawa surat keterangan bebas covid-19.

Gunung Lawu

Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Cemoro Kandang dan Candi Cetho, mulai buka pada 24 Juni 2020. Pendaki diwajibkan membawa perlengkapan tambahan seperti masker dan hand sanitizer.

Pendakian juga hanya diizinkan pada siang hari. Untuk pendakian malam hari belum diizinkan. Juga, pendakian lintas jalur belum diperbolehkan.

Gunung-gunung di sekitar Wonosobo

Gunung-gunung di sekitar Wonosobo, Jawa Tengah, juga sudah mulai bersiap untuk buka kembali. Saat ini para pengelola basecamp pendakian se-Wonosobo sedang menata dan mempersiapkan hal-hal terkait standar penanganan covid-19.

Setelah itu, Perum Perhutani akan mengajukan ijin kelayakan kepada gugus tugas penanganan covid-19 Wonosobo untuk dimulainya aktivitas pendakian.

Gunung-gunung tersebut adalah Gunung Prau, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

BACA JUGA: Mendaki Gunung Prau via Dieng, Ini Kelebihan dan Kelemahannya Bagi Pendaki

Namun, untuk pendakian gunung di wilayah ini masih dikategorikan sebagai uji coba. Artinya, masih terbatas untuk calon pendaki di sekitar Wonosobo dan Yogyakarta. Ini dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Lalu bagaimana dengan mereka yang KTP-nya daerah tapi kuliah di Yogyakarta dan sekitarnya? Silakan membawa kartu mahasiswa atau surat keterangan domisili.

Ijin ini perlahan-lahan akan semakin diperluas, bila situasi sudah kembali normal.

Mari kita sama-sama berharap agar situasi di Indonesia secara keseluruhan bisa segera pulih dari pandemi ini.

ARTIKEL TERKAIT:

Suka Naik Gunung? Ini Tips Aman Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Edeltrudizh

Rekomendasi Gunung Inerie Bagi Para Pendaki di Nusa Tenggara Timur

Edeltrudizh

Tahukah Kamu Misteri dan Mitos Angkernya Gunung Arjuno? Misteri Alas Lali Jiwo Hingga Ngunduh Mantu

Edeltrudizh