Simaksi Gunung Kencana Bogor 2018, Murah dan Terjangkau

Simaksi Gunung Kencana Bogor 2018, Satutenda.com – Nama Gunung Kencana mungkin belum familiar di telinga. Namun bagi mereka yang berasal dari Kota Hujan Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya nama Gunung Kencana pasti udah nggak asing.

Terletak di daerah Tugu Utara, Cisarua-Bogor, Gunung Kencana berada di ketinggian 1803 mdpl. Tim Satutenda mengetahui tentang Gunung Kencana dari seorang pemuda yang sama-sama menumpang mobil bak terbuka ketika perjalanan pulang dari Alun-alun Surya Kencana Gunung Gede bulan Juni 2018 lalu.

Dia promosikan Gunung Kencana kepada kami. Katanya bisa menikmati indahnya kota di malam hari dari ketinggian.

Untuk mendaki Gunung Kencana, ada dua jalur yang biasanya dilewati pendaki. Yakni jalur Telaga Warna dan jalur Kampung Arab/Tugu Puncak. Jalur kedua ini tak banyak dilewati pendaki. Biasanya pendaki yang menggunakan sepeda motor atau mobil memilih jalur Telaga Warna.

BACA: Batal Motoran, Tim Satutenda Jalan Kaki dari Kampung Arab hingga Gunung Kencana

Mendaki Gunung Kencana Bogor, pendaki harus menyiapkan uang untuk membayar retribusi dan simaksi Gunung Kencana. Pendaki atau pengunjung yang memasuki kawasan wisata Telaga Warna harus membayar retribusi sebesar Rp 20.000,- . Ada petugas yang bersiap untuk menarik retribusi.

Demikian juga saat kami memilih perjalanan via Kampung Arab. Kami tak luput dari retribusi tersebut. Bedanya, petugas baru muncul ketika kami sampai di tengah-tengah kebun teh.

BACA: Pesona Kebun Teh Sepanjang Perjalanan Menuju Gunung Kencana

Sedang asyik-asyiknya bercanda dan menikmati hamparan kebun teh, tiba-tiba muncul dua orang laki-laki. Salah satunya memakai slyer untuk menutupi sebagian wajahnya.

Mereka mengatakan bahwa kami harus membayar retribusi karena memasuki kawasan Telaga Warna dan kebun teh. Mereka bilang kami harus bayar Rp 25.000,- dengan keterangan tambahan bisa kurang menjadi Rp 20.000,-.

Kami mengernyitkan dahi sambil bertukar pandang merasa heran. Kok retribusi bisa turun harga? Aneh. Tak mau berpanjang lebar, kami membayar Rp 20.000,-/orang tanpa bertanya soal “diskon” yang diberikan.

Kembali melanjutkan perjalanan, tibalah kami di basecamp. Di sana pendaki harus membayar simaksi Gunung Kencana sebesar Rp 20.000,-/orang. Dan kamu bebas ngecamp selama yang kamu mau. Nggak harus buru-buru turun gaes!

Bagi pendaki yang mengendarai sepeda motor bisa menitipkan sepeda motor di tempat parkir yang sudah disediakan. Tempat parkir sepeda motor terletak sebelum basecamp. Pendaki cukup membayar Rp 10.000,-.

Bagikan Artikel Ini:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Simaksi Gunung Kencana Bogor 2018, Murah dan Terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *