Rekomendasi Spot Foto Keren di Gunung Prau via Dieng. Mau Nyoba?

Spot Foto Keren di Gunung Prau via Dieng, Satutenda.com – Keindahan gunung Prau sudah sering menyesap dalam benak saya. Terlebih view sunrisenya. Saking indahnya, gunung Prau sudah jadi buah bibir para traveler tanah air.

sunrise-gunung-prau
(Foto : yohanessigitscj)

Sayangnya, langkah kaki saya belum pernah berpijak di puncak gunung ini. Selama ini baru sekedar melihat dari dunia medsos.

Karena itulah pada awal Oktober 2019 kemarin, saya bersama tim Satutenda.com, akhirnya menjadikan gunung Prau sebagai salah satu tujuan perjalanan kami kali ini.

Ada beberapa jalur yang tersedia, tapi kami lebih memilih jalur Dieng. Alasannya biar agak landai, karena kami baru saja turun dari gunung Sindoro. Sebagian tenaga sudah terkuras di sana.

Secara pribadi, saya sangat menikmati pendakian ke gunung Prau ini. Jalur Dieng tak hanya menyediakan bonus trek yang landai tapi juga bonus view yang keren di setiap sudut trek. Bahkan bonus keindahan itu sudah disajikan sejak di basecamp, hingga puncak Prau.

Berhubung anggota tim Satutenda.com adalah kumpulan insan-insan yang hobi memotret (hehehe), maka segala bonus keindahan yang ditawarkan gunung Prau ini tak mungkin lolos begitu saja dari jepretan kamera kami.

Kami menemukan beberapa spot foto keren. Dari hasil jepretan kami inilah, saya ingin membagikan informasi tentang spot foto di gunung Prau via Dieng kepada sahabat pembaca Satutenda.com.

Siapa tahu, suatu saat nanti teman-teman yang sudah membaca cerita perjalanan kami ini bisa mempraktekannya langsung di gunung Prau.

Selain sunrise camp yang adalah tempat berburu sunrise, inilah sejumlah spot foto di gunung Prau via Dieng versi Satutenda.com :

#Spot foto di Basecamp

Di dekat papan bertuliskan ucapan selamat datang, ada beberapa batang bambu yang disusun berselang-seling menyerupai bentuk segitiga.

Menurut saya, ini karya yang kreatif dari tim pengelola basecamp. Mereka memanfaatkan batang bambu dan menciptakan sesuatu yang indah, sehingga para pendaki yang datang disambut dengan view basecamp yang apik.

Minimal, view yang sederhana ini bisa menjadi pemacu semangat sebelum kita berlelah-lelah akibat trek pendakian yang menguras tenaga.

Nah, bagian ini bisa dipilih sebagai salah satu tempat untuk berfoto, sebelum menggendong carrier melewati perkebunan warga.

basecamp-gunung-prau-via-dieng
(Foto : Satutenda.com)

#Batas perkebunan

Spot foto di gunung Prau via Dieng selanjutnya adalah di area batas perkebunan warga, sebelum memasuki area hutan.

Banyak pendaki yang sering berpose di dekat gapura mini dengan ukiran khas Jawa ini.

gunung-prau-via-dieng
(Foto : Satutenda.com)

Tapi bagi saya, ada spot foto lain yang jauh lebih menarik. Teman-teman bisa berpose dengan menyasar view perkebunan warga sebagai background. Hasilnya seperti salah satu foto dari rekan kami ini.

#gunungprau2565mdpl
(Foto : Satutenda.com)

#Di pos pemberhentian (Pos 1, pos 2 dan pos 3)

Saat menuju puncak, kita akan melewati tiga pos. Nah, di setiap pos pemberhentian ini bisa dipilih sebagai spot foto. Ini adalah beberapa foto kami di pos 1 dan 2. Teman-teman bisa memilih beberapa opsi dari 3 foto ini.

#Akar Cinta gunung Prau

Di antara pos 2 dan 3, kami melewati sebuah bagian yang dalam papan petunjuk dilabeli tulisan “Akar Cinta”.

Yang paling mencolok dan unik dari “Akar Cinta” ini adalah rumpunan akar kayu yang saling melilit satu sama lain. Akar-akar ini timbul ke permukaan tanah dan terlihat seperti membentuk sebuah pola.

#gunungprau
(Foto : Satutenda.com)

#Di cela pohon

Salah satu bonus yang kami jumpai sepanjang trek pendakian adalah view rumpunan pohon pinus dan cemara. Ada yang tumbuh berjejer rapih, tapi ada juga yang tak beraturan.

Selain sebagai payung alami bagi para pendaki, kami juga memanfaatkan cela-cela pohon ini sebagai salah satu spot foto di gunung Prau via Dieng.

gunung-prau-dieng(1)
(Foto : Satutenda.com)

#Puncak gunung Prau

Berfoto di puncak adalah idaman setiap pendaki. Jadi, kami juga mengabadikan cerita pendakian kami dengan berpose di puncak gunung Prau.

puncak-prau(1)
Gunung Prau (Satutenda.com)

Selain berfoto di papan petunjuk, kami juga menyasar beberapa sudut di puncak gunung Prau yang juga tidak kalah menarik.

#Bukit Teletubies

Salah satu spot foto di gunung Prau via Dieng yang juga recommended adalah bukit Teletubis. Ini merupakan salah satu spot foto yang paling banyak disasar.

bukit-teletubies-prau(1)
(Foto : @akbar.illahi)

#Di antara bunga Daisy

View rumpunan bunga Daisy di sisi kiri dan kanan jalan pun menawarkan keindahan tersendiri. Hampir di sepanjang trek, tumbuhan bunga liar ini selalu kami temui.

Apalagi pas tiba di puncak gunung Prau, hamparan bunga Daisy menyambut kedatangan kami sore itu.

bunga-daisy(1)
(Foto : Satutenda.com)

Sayangnya cuaca kurang bersahabat. Puncak Prau dan sekitarnya diselimuti kabut tebal, jadinya kami tak banyak mengeksplor keindahan bunga Daisy.

Tapi, kami tetap merekomendasikan ini sebagai salah satu spot foto di gunung Prau via Dieng, karena pemandanngannya pun tak kalah menarik dari sejumlah spot foto yang sudah saya sebut di atas.

bunga-daisy-prau
(Foto : instagram.com/uucii___)

Foto lain tentang pendakian gunung Prau via Dieng ini bisa dilihat di instagram @satutendacom dan fanpage Satutenda.com.

Mungkin saja ada beberapa foto dari kami yang bisa mengisnpirasi kamu untuk memotret dengan ide serupa.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 thoughts on “Rekomendasi Spot Foto Keren di Gunung Prau via Dieng. Mau Nyoba?

    1. Hehehhe, itu sudah kaka. Kalau cuaca bersahabat, Prau menyajikan view yang luar biasa keren. apalagi sunrisenya, benar-benar indah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by