Satutenda.com
Traveling

Informasi Sumber Air Bersih untuk Pendakian Gunung Gede Via Gunung Putri

Informasi Sumber Air Bersih untuk Pendakian Gunung Gede Via Gunung Putri, Satutenda.com – Informasi sumber air bersih menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui saat kamu hendak mendaki.

Awal bulan Juni kemarin, kami team Satutenda.com mendaki gunung Gede via jalur Gunung Putri. Sebelum muncak, kami sudah mencari informasi seputar pos pengambilan sumber air bersih di sepanjang perjalanan menuju Surken.

Rupanya informasinya masih minim, jadi kami berniat untuk sharing informasi sumber air bersih ini untuk pendaki lainnya yang mungkin baru pertama kali muncak.

Untuk pendakian menuju gunung Gede via Gunung Putri, pasokan air bersih hanya tersedia di dua pos pemberhentian.

Ini artinya teman-teman pendaki harus menyediakan jerigen atau botol yang bisa digunakan untuk mengisi bekal air bersih yang banyak.

Pos pertama penyedia sumber air bersih untuk pendakian gunung Gede via Gunung Putri, terletak di akhir perkebunan sebelum menuju ke pos Legok Leunca (pos bayangan sebelum pos 1).

Letaknya persis di pinggir jalan yang bakal kita lewati. Jadi teman-teman pendaki tidak akan kesulitan untuk mencari tempatnya.
Team Satutenda di pos pengambilan air bersih untuk pendakian gunung Gede via Gunung putri
Team Satutenda di pos pengambilan air bersih

Karena team kami hanya 4 orang saja, maka kami hanya menyediakan pasokan air minum 1 jerigen, 1 aqua yang besar, 3 botol minum tupperware ukuran besar.

Untuk kualitas air minumnya bersih dan bisa langsung untuk dikonsumsi tanpa dijerang terlebih dahulu. Airnya tidak berbau atau tidak kotor dan tidak berbahaya saat dikonsumsi.

Kami sarankan agar-agar teman-teman yang baru pertama kali mendaki harus menyetok bekal air minum yang banyak, karena setelah pos pertama ini tidak akan ada lagi pos pemberhentian yang menyediakan sumber air bersih.

Informasi sumber air bersih untuk pendakian gunung Gede via Gunung Putri
Informasi sumber air bersih untuk pendakian gunung Gede via Gunung Putri (Foto : Satutenda.com)

Sumber air bersih berikutnya ada di Surken atau yang lebih dikenal Alun-alun Surya Kencana. Dari arah gerbang Alun-alun Surya Kencana, teman-teman berjalan ke arah timur.

Akan ada semacam saluran kecil. Tapi biasanya di musim kemarau, saluran ini kering. Jadi teman-teman harus bergeser lagi ke bagian Timur.

Letak persisnya di dekat sebuah gua kecil. Oh ya, di sini tidak ada papan petunjuk pengambilan air bersih, jadi pastikan teman-teman tidak salah jalur ya.

Kami jamin bahwa di Surken, teman-teman pendaki sudah tidak kekurangan pasokan air  karena sumber air di Surken tersedia melimpah.

Selengkapnya tentang informasi sumber air bersih untuk pendakian gunung Gede via Gunung Putri, bisa disimak lewat video kami berikut ini :

Itulah informasi mengenai sumber air bersih yang tersedia untuk pendakian gunung Gede via Gunung Putri. Sedangkan informasi sumber air bersih untuk pendakian gunung Gede via Cibodas sudah kami ulas di artikel kami sebelumnya.

Baca Juga : Sumber Air di Gunung Gede untuk Pendakian via Jalur Cibodas

ARTIKEL TERKAIT

Ini Pengalamanku Belanja di Toko Eiger, Rejeki Anak Soleh

Tiwie Pert

8 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Tersesat di Gunung. Tips untuk Pendaki Gunung

Steve Elu

4 Gunung Cilik di Jawa Tengah Ini Banyak Diminati Pendaki, Sudah Pernah Ke Sana?

Tiwie Pert