Sumber Air di Gunung Gede untuk Pendakian via Jalur Cibodas. Kamu Harus Tahu!

Sumber Air di Gunung Gede, Satutedan.com – Salah satu informasi penting yang harus diketahui oleh seorang pendaki sebelum mendaki sebuah gunung adalah sumber air. Mengingat informasi yang sangat penting tersebut, di sini kami akan membagikan informasi mengenai sumber air di Gunung Gede.

Untuk para pendaki Gunung Gede yang mau mendaki via Cibodas, ada beberapa titik yang biasanya dijadikan tempat pengambilan air. Ini menjadi sangat penting karena jika salah memperhitungkan air, resiko yang ditanggung sangat besar.

Kami punya pengalaman buruk tentang hal ini waktu mendaki Gunung Gede pada pertengahan Oktober 2017 lalu. Ketika itu kami salah memperhitungkan air yang kami bawa dan sumber air yang tersedia sehingga kami harus menahan haus.

Kami cukup beruntung karena bertemu dengan satu rombongan yang super murah hati, mau berbagi air dengan kami. Bahkan dibuatin kopi.

Karena keteledoran ini, kami ingin berbagi informasi kepada teman-teman agar bisa mempersiapkan diri lebih awal, terutama persiapan air. Oke, mari kita mulai. Inilah beberapa titik sumber air di Gunung Gede.

1. Dari Basecamp

Dari basecamp kamu harus menyediakan air yang cukup. Bagi mereka yang doyan minum air, kami menganjurkan membawa dua botol aqua seukuran 1,5 liter dan sedang – 600 mililiter. Ini untuk bekal air sampai ke Pos Telaga Biru.

2. Telaga Biru

Telaga Biru bisa jadi tempat bagi kamu untuk mengambil air. Tapi bukan di telaganya ya. Di depan telaga, persis di pinggir jalan ada saluran yang airnya bersih dan dingin. Kayak biasa air di gunung gitu. Kata beberapa teman sih air ini bisa diminum.

Hanya kami sendiri belum pernah ambil air di sini karena biasanya sampai di sini stok air masih lebih dari cukup.

3. Air Terjun

Kalau kamu memutuskan untuk tidak mengambil air di Telaga Biru, sementara stok air kamu semakin menipis, maka saya kami sangat menganjurkan agar kami bisa mengambil air di Air Terjun Cibeureum.

Di pos persimpangan antara ke puncak Gunung Gede dan Air Terjun Cibeureum ini, kamu bisa menitipkan bawaanmu sementara dan kamu ke air terjun untuk ambil air. Nggak jauh kok, paling lima sampai tujuh menit. Kalau mendakinya berkelompok mungkin perwakilan saja.

Mengambil air di sini sangat penting karena setelah ini tidak ada lagi sumber air hingga ke Pos Air Panas. Untuk sampai ke Pos Air Panas dari simpang air terjun ini sangat jauh. Jadi sebaiknya kamu menyiapkan ari yang cukup.

4. Setelah Pos Air Panas

Sumber air untuk bisa diminum baru ada lagi setelah Pos Air Panas. Di Pos Air Panas sendiri tersedia banyak air tetapi tidak bisa diminum karena bau balerang.

Untuk mengambil air kamu harus melewati Pos Air Panas, akan kamu temui jalanan landai hingga ke jalanan menanjak. Di sisi kanan ada batu besar. Di situ air mengalir dari atas, semacam air terjun kecil. Nah, kamu bisa mengambil air di situ.

5. Kandan Badak

Sumber air baru ada lagi saat sudah tiba di Pos Kandang Badak. Inilah pos terakhir bagi para pendaki Gunung Gede via Cibodas sebelum summit. Di sini air melimpah karena sudah dibuatkan pipa sehingga para pendaki bisa mengambil air dengan leluasa.

Nah, inilah beberapa sumber air di Gunung Gede yang bisa menjadi salah satu sumber informasi penting bagi para pendaki, terutama bagi para pendaki pemula. Semoga bermanfaat ya!

Bagikan Artikel Ini:
  • 109
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Sumber Air di Gunung Gede untuk Pendakian via Jalur Cibodas. Kamu Harus Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by