Tak Hanya Indah, Dua Pegunungan di Papua Juga Punya Danau Di Atasnya. Muncak Yuks (Part 2)

Pegunungan di Papua, Satutenda.com – Ketika mendengar tempat wisata di Papua, orang akan langsung menyebut Raja Ampat. Tapi kamu tahu nggak sih kalau Papua ini juga memiliki beberapa tempat eksotis lain yang bisa kamu kunjungi? Ya, pegunungan di Papua bisa jadi tempat wisatamu, gaes.

Bagi para pecinta ketinggian, menjelajah Papua bisa menjadi pilihanmu untuk menikmati keindahan alam yang memanjakan mata. Papua memiliki jajaran pegunungan dengan panorama yang keren abis. Dan pegunungan di Papua ini punya danau lho. Wow, dimana saja ya?

# Pegunungan Trikora

Pegunungan di Papua
Danau Habema merupakan danau di kaki Gunung Trikora, Papua. (Foto: trip.raiyani.net)

 

Pernah mendengar nama Pegunungan Trikora? Pegunungan di Papua ini terletak di daerah Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Daerah ini berjarak sekitar 585 Kilometer dari ibu kota provinsi Jayapura. Pegunungan ini memiliki pemandangan yang mempesona.

Menjelajah Pegunungan Trikora, kamu juga bisa menikmati keindahan danau yang ada di kaki Gunung Trikora ini. Namanya Danau Habema. Danau ini mempunyai nama asli Danau Yuginopa dan berada di ketinggian 3.321 mdpl. Ehm, tingginya beda tipis dengan Gunung Sumbing di Jawa Tengah, 3.371 mdpl.

Bisa dibayangkan ya, untuk mencapai Danau Habema ini seperti saat kita mendaki Gunung Sumbing. Para pendaki yang sudah mencapai puncak Sumbing pasti tahu dong seberapa besar perjuangan dan lelah yang terasa. Tapi jangan khawatir, lelahmu akan terbayar dengan pesona danau yang indah.

# Pegunungan Arfak

Danau Habema
Danau Anggi Gita terletak di Pegunungan Arfak, Papua Barat. (Foto: indonesiakaya.com)

 

Selain di Kabupaten Jayawijaya, kamu bisa menikmati keindahan pegunungan di daerah Papua Barat. Di sana terdapat Pegunungan Arfak yang juga punya danau di atasnya. Namanya Danau Anggi Gita, terletak di kawasan cagar alam Pegunungan Arfak.

Danau Anggi Gita masih alami dengan pemandangan yang keren. Danau ini ini berada di ketinggian sekitar 2.950 mdpl. Untuk menuju tempat ini, kamu bisa menggunakan mobil off-road karena medan yang cukup sulit. Waktu tempuh yang dibutuhkan jika kamu menggunakan mobil off-road sekitar 3-4 jam. Tapi kalau kamu ingin berjalan kaki, kamu membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Selain Danau Anggi Gita, di Pegunungan Arfak juga terdapat Danau Anggi Ginji.

Setidaknya itu dua pegunungan di Papua yang punya danau di atasnya. Yakin nggak penasaran untuk melihat langsung keindahan danau-danau ini? Ayo segerakan jelajahi alam Papua gaes.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *