Tak Hanya Karimunjawa, Pulau Panjang Jepara Bisa Jadi Pilihan Wisatamu

Pulau Panjang Jepara, Satutenda.com – Saat kamu mengunjungi Jepara, ada sejumlah tempat wisata menarik yang bisa kamu datangi. Bukan hanya Karimunjawa, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Panjang Jepara.

Pulau Panjang terletak di Kelurahan Ujung Batu, Jepara, Jawa Tengah. Pulau ini memiliki luas 19 hektare. Untuk pergi ke Pulau Panjang, kamu bisa menyeberang dari Pantai Bandengan dengan waktu 20-30 menit. Biaya per orang sekitar 20 ribu rupiah.

Atau wisatawan juga bisa menyeberang ke Pulau Panjang dari Pantai Kartini dengan waktu 15-25 menit. Biaya kapal per orang juga 20 ribu rupiah. Sementara harga tiket masuk ke pulau ini Rp 5000.

Taman Pulau Kecil Pulau Panjang
(Foto: satutenda.com)

Pulau Panjang memiliki pasir putih yang dikelilingi laut dangkal dan terumbu karang yang indah. Di bagian tengah pulau, terdapat hutan tropis dengan pepohonan tinggi dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Pohon yang ada di pulau ini seperti pohon randu, asam jawa, dadap, dan pinus. Pepohonan ini menambah sejuk suasana di pulau ini.

Di Pulau Panjang Jepara, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai, menyewa sepeda dan berkeliling pulau, serta mandi di laut di bagian selatan dan barat pulau karena air laut di sana jernih dan tidak berarus.

snorkeling di pulau panjang
(Foto: gardanasional.id)

Bagi kamu pecinta snorkeling, kamu juga bisa melakukan snorkeling di sana. Cukup membayar Rp 50000, kamu bisa menyewa perlengkapan snorkeling. Atau kamu bisa menyewa tenda dan bermalam di dalam tenda.

Tak hanya wisata alam yang bisa kamu nikmati di Pulau Panjang, kamu juga berwisata religi. Di sebelah barat Pulau Panjang terdapat Makam Syeikh Abu Bakar, seorang tokoh ulama Jepara. Banyak peziarah datang ke pulau ini untuk berziarah ke Makam Syeikh Abu Bakar dan mengikuti peringatan terhadap tokoh ulama tersebut.

Pulau Panjang Jepara
(Foto: satutenda.com)

Fasilitas seperti pendopo, sarana MCK, masjid, serta warung yang menjual makanan dan minuman terdapat di pulau ini. Pengunjung tidak usah khawatir akan kelaparan atau kehausan. DI sana juga ada tempat menjual ikan kering dan souvenir jika kamu ingin membawa buah tangan untuk keluarga atau teman-temanmu.

Satu lagi yang nggak kalah menarik, kamu bisa menikmati sunset indah di pulau ini atau di kapal terakhir yang kembali ke Pantai Kartini sekitar pukul 17.00 WIB. Jadi, kapan mau eksplore pulau yang satu ini?

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *