Kalau Disuruh Milih Tipe Pendaki Gunung, Kamu Milih Tipe Pendaki Camper atau Pendaki Tik Tok?

Tipe Pendaki Gunung, Satutenda.com – Di Indonesia umum dikenal dua tipe pendaki gunung yaitu tipe pendaki camper dan tipe pendaki tik tok. Kamu termasuk tipe pendaki yang mana?

Meski kedua tipe pendaki gunung di Indonesia ini memiliki kesamaan yakni mendaki gunung, tapi keduanya memilih melakukannya dengan cara yang berbeda. Apa bedanya? Mari kita lihat satu per satu.

# Tipe pendaki Camper

Tipe Pendaki Camper

Tipe pendaki camper adalah tipe pendaki yang selalu memilih nge-camp di gunung. Pendaki jenis ini selalu menyediakan waktu untuk berlama-lama di gunung. Mereka biasanya menginap minimal satu malam di gunung.

Alasannya sederhana. Mereka ingin menyingkir dari segala kesibukan dan ingin sendiri dengan alam.

Makanya, kebanyakan tipe pendaki camper jarang akan mendaki pada akhir pekan. Mereka akan mengambil waktu mendaki di hari kerja, yaitu Senin-Jumat, untuk menghindari keramaian di gunung.

Resiko dari tipe pendaki camper adalah membawa barang bawaan yang banyak, seperti makanan, air dan mungkin juga pakaian ganti. Dengan demikian carrier mereka pasti lebih berat.

# Tipe pendaki tik tok

Tipe Pendaki Tik Tok

Tipe pendaki berikut adalah pendaki tik tok. Di kalangan para pendaki gunung Indonesia, pendaki tik tok ini tidak banyak, tapi mudah untuk kita temui tipe pendaki seperti ini.

Para pendaki tik tok biasanya mendaki dan turun gunung dalam satu hari. Artinya, mereka naik pagi lalu turun siang atau sore.

Saat mendaki, pendaki tik tok hanya membawa stok makanan untuk sekali makan, air secukupnya, dan snack atau makanan ringan. Barang bawaan mereka tidak banyak sehingga jalannya lebih ringan dan cepat, entah saat naik atau juga turun.

BACA : 10 Travel Blogger Pendatang Baru yang Lagi Hits Menuju Akhir Tahun 2018

Para pendaki tik tok juga biasanya memilih gunung-gunung pendek, dengan ketinggian di bawah 3000 mdpl. Sejauh ini gunung-gunung seperti Gunung Gede, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Merapi, Gunung Prau, dan beberapa gunung lain adalah gunung-gunung favorit untuk para pendaki tik tok.

Nah, itu dia teman-teman, dua tipe pendaki gunung di Indonesia. Kamu masuk kategori yang mana? Silakan tentukan sendiri, tentu harus melihat lagi motivasi saat kamu memilih untuk menjadi pendaki gunung.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *