Satutenda.com
Tips

Tips Aman Mendaki Gunung Bagi Pemula. Nomor 3, Wajib Kamu Lakukan! 

Tips Aman Mendaki Gunung

Tips Aman Mendaki Gunung Bagi Pemula, satutenda.com – Mendaki gunung memiliki tantangan tersendiri bagi para pecinta alam.

Kegiatan mendaki gunung, terkadang dilakukan seseorang karena hobby. Namun, ada juga yang mendaki karena ingin melepas penat sebentar dari dunia kerja.

Apapun itu alasannya, mendaki gunung membutuhkan usaha keras untuk bisa mencapai puncak gunung.

Jika kamu sebagai pemula, ada beberapa tips aman mendaki gunung yang harus kamu lakukan sebagai persiapan sebelum mendaki gunung.

1. Mencari informasi seputar ketinggian gunung yang dituju

Sebelum memutuskan untuk mendaki, dianjurkan terlebih dahulu membaca informasi seputar ketinggian gunung yang ingin dituju.

Tips Aman Mendaki Gunung
Ketinggian Gunung Gede, 2958 mdpl (Foto : satutenda.com)

Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa memperkirakan kemampuan tubuhmu. Terkadang orang tidak mencapai puncak lantaran kondisi tubuh yang tidak mendukung. Tentunya kamu sebagai pemula tidak ingin hal ini terjadi.

2. Mengecek lokasi pendakian

Sebelum memulai pendakian sebaiknya mengecek dahulu lokasi pendakian. Apakah pendakian menuju gunung tersebut dibuka atau tidak.

Tips Aman Mendaki Gunung
Mengecek lokasi pendakian (Foto : www.youtube.com)

Terkadang karena alasan cuaca atau situasi gunung dalam kondisi siaga, jalur pendakian akan ditutup.

Kamu juga perlu mencari informasi di internet atau bertanya kepada teman, mengenai kondisi jalan menuju lokasi pendakian.

Sekarang banyak sekali informasi seputar pendakian yang tersedia di internet. Kamu wajib mencari informasi sebanyak mungkin sebelum berangkat.

3. Wajib olahraga minimal sebulan sebelum pendakian

Nah, tips aman mendaki gunung yang wajib kamu lakukan sebelum memulai pendakian adalah berolahraga.

Mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental yang sehat dan kuat. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga sebulan sebelum pendakian. Olahraga yang umumnya dilakukan adalah jogging atau lari sore dan pagi.

Dengan rutin berolahraga, akan membantu mengolah nafas dan menggerakkan otot-otot pada tubuh. Sehingga, ketika mendaki gunung bisa meminimalisir rasa sakit dan pegel pada tubuh.

4. Mencari informasi seputar pantangan di lokasi pendakian

Setiap gunung pasti memiliki aturan dan larangan yang wajib dipatuhi oleh semua pendaki. Untuk menghindari kesalahan fatal yang terjadi, diwajibkan membaca terlebih dahulu pantangan yang sudah diberlakukan.

Tips Aman Mendaki Gunung
Wajib mengetahui pantangan/larangan sebelum mendaki gunung (Foto : satutenda.com)

Ibaratnya manusia, alam dan seisi penghuninya tidak akan menyakiti kita jika kita tidak merusak lingkungan mereka. Seperti kata orang “Alam Tidak Akan Mengkhianati Bagi Hati Yang Mencintainya”.

5. Bawalah barang penting

Tidak perlu membawa barang yang tidak terlalu penting. Pilihlah barang apa saja yang penting untuk dibawa ketika naik gunung. Misalnya : pakaian secukupnya, makanan, air dan keperluan lainnya.

Tips Aman Mendaki Gunung
Tips Aman Mendaki Gunung Bagi Pemula, Persiapan Perlengkapan Secukupnya (Foto : Instagram.com/@jepretkaks)

Membawa barang yang belum tentu digunakan di gunung, hanya akan menambah beban tas dan bisa menghambat pendakian. Misalnya boneka, handbody, parfum, handuk, dll.

Informasi detail terkait barang-barang apasaja yang harus dibawa saat mendaki, akan saya bahas pada artikel berikutnya.

6. Mengurus surat ijin pendakian

Berdasarkan pengalaman pribadi saya saat mendaki bersama teman-teman, mengurus surat ijin itu wajib dilakukan bagi setiap pendaki.

Proses pembuatan surat ijin terkadang ada yang menyediakan lewat website mereka yang wajib kita isi 2 atau 3 hari, sebelum ke lokasi pendakian, contohnya gunung Gede Pangrango. Namun, ada pula yang bisa diurus ketika sudah tiba di bascame.

7. Mempersiapkan logistic

Tips aman mendaki gunung yang terakhir adalah membuat perkiraan jumlah makanan yang harus dibawa. Terkadang, kebanyakan logistic akan menambah berat carrier/keril pada pundak kamu.

Sebaiknya sebelum berangkat, dibuat list makanan apasaja yang akan dibawa dan akan habis dikonsumsi, sewaktu berada di gunung.

Itulah tips aman mendaki gunung bagi pemula. Semoga bermanfaat buat kamu yang baru pertama kali ingin menjelajahi dunia alam. Salam Satutenda…

ARTIKEL TERKAIT

SIMAKSI Gunung Gede-Pangrango harus Dilakukan secara Online. Ini Panduannya.

Steve Elu

Bukit Love Lembata, Tempat Menunggu Senja Melintas

Steve Elu

Tempat Wisata dan Foto Di Jalur Pendakian Gunung Gede via Cibodas

Steve Elu