Satutenda.com
Muncak

Tips Kurangi Sampah Plastik di Gunung. Yuks Kita Terapkan Biar Gunung Bebas Sampah Plastik

Kurangi Sampah Plastik di Gunung

Tips Kurangi Sampah Plastik di Gunung, Satutenda.com – Saat ini mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang diminati banyak orang. Hal ini membuat banyak orang semakin berbondong-bondong datang ke gunung untuk menikmati keindahan alam.

Semakin banyak orang yang mendaki gunung, berpotensi semakin banyak sampah yang dihasilkan. Terutama sampah plastik. Ini tips kurangi sampah plastik di gunung. Pendaki gunung bisa menerapkannya agar gunung bebas sampah plastik.

# Kurangi bawa makanan atau minuman kemasan

Bawa Botol Minum Sendiri Ke Gunung
Bawa Botol Minum Sendiri (Foto: Satutenda.com)

Konsumsi saat mendaki gunung penting untuk dipersiapkan. Untuk mengurangi sampah plastik di gunung, pendaki bisa mengurangi makanan kemasan seperti mie instan, makanan kaleng, snack dalam kemasan plastik, dan minuman dalam kemasan.

Sebagai alternatif, pendaki gunung bisa membawa makanan seperti sayuran, ubi, kacang hijau. Sampah sayuran atau kulit bisa dikubur di tanah supaya membusuk sehingga gunung tidak tercemar sampah plastik.

Buat kamu yang tetap ingin makan mie instan misalnya, kamu bisa membuka mie dan masukan ke dalam wadah kedap udara. Juga snack atau biskuit bisa kamu taro di wadah plastik bertutup yang nanti kamu bawa pulang lagi. Demikian juga kopi bisa dipindahkan ke dalam tempat yang akan kamu bawa pulang lagi.

# Bawa tempat minum sendiri

Bawa botol minum sendiri bukan air mineral dalam botol kemasan. Pendaki gunung bisa juga membawa jerigen atau hydropack agar kita kekurangan stok air saat pendakian.

Selain itu hindarilah membawa sendok, gelas atau piring plastik yang hanya sekali pakai. Bawalah peralatan makan dari bahan besi sehingga pendaki selalu membawanya turun.

# Siapkan trash bag

Mengatasi Sampah Plastik di Gunung
Bawa trash bag supaya sampahmu nggak tercecer di gunung (Foto: instagram.com/salas_aja)

Bawa trash bag untuk meletakkan sampah plastik. Kamu mesti memilih trash bag yang tidak tipis dan tidak mudah robek sehingga sampah tidak tercecer saat dibawa turun.

Bawa turun sampah plastikmu. Jangan pernah tinggalkan sampah plastik di gunung. Sampah ini sulit terurai. Kita harus membawa turun sampah plastik.

# Memakai pakaian dan tas dengan banyak kantong

Tips Mengurangi Sampah Plastik di Gunung
Sampah bisa simpan sementara di sakumu (Foto: instagram.com/eigeradventure)

Memakai pakaian, celana dan tas yang memiliki kantong banyak juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi sampah plastik di gunung. Pendaki gunung bisa memanfaatkan kantong pakaian, celana gunung atau kantong di tas untuk meletakkan sementara sampah kecil sebelum ditaro di trash bag.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan pendaki gunung untuk mengurangi sampah plastik di gunung. Ayo kita sama-sama menjaga kebersihan di gunung dan bebaskan gunung dari sampah plastik.

Jangan lupa ingatkan teman pendakimu juga kalau ada yang meninggalkan sampah di gunung, terutama sampah plastik dan sampah yang sulit terurai.

ARTIKEL TERKAIT

Pesona Kebun Teh Sepanjang Perjalanan Menuju Gunung Kencana

Edeltrudizh

Mekarnya Bunga Sepe, Jadi Momen Terbaik untuk Traveling ke Kupang

Edeltrudizh

Estimasi Biaya Transportasi Mendaki Gunung Kencana Bogor

Tiwie Pert