Tips Mendaki Gunung Sindoro, Cukup Dua Hari dengan Biaya SIMAKSI Sangat Terjangkau (2)

Tips Mendaki Gunung Sindoro, Satutenda.com – Kami bangun agak pagi untuk memulai persiapan mendaki. Untuk melengkapi konsumsi, terutama sayuran hijau, kami pergi ke belakang basecamp. Di situ ada ibu-ibu yang jualan sayur kalau pagi hari.

Sementara untuk sarapan, gampang. Rumah yang berada di sisi kiri basecamp menyediakan masakan untuk pendaki yang mau makan di situ; murah antara 10 ribu sampai 15 ribuan. Tapi kalau teman-teman mau cari di luar juga bisa.

Usai sarapan dan barang semua siap, kami melakukan SIMAKSI. Saya kira, SIMAKSI Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu ini sama dengan gunung-gunung lainnya. Kita harus menulis detail semua barang yang kita bahwa, termasuk barang-barang yang akan menghasilkan sampah.

Harga SIMAKSI Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu Rp. 20.000/orang untuk pendakian weekday dan Rp. 25.000 untuk weekend. Karena kami mendaki di hari Senin, 30 September 2019, maka kami membayar Rp. 20.000 per orang.

Kenapa saya bilang harga SIMAKSI Gunung Sindoro ini masih sangat terjangkau? Karena rata-rata SIMAKSI pendakian gunung-gunung di Jawa Tengah segitu. Lagipula, dengan membayar segitu tidak ada batasan hari pendakian. Mau berapa lama di gunung terserah kita aja…

Setelah membereskan semua administrasi, kami mulai start. Supaya menghemat tenaga, atau emang malas hehehehehe, kami tak lupa menggunakan jasa ojek untuk mengantar kami hingga ke batas hutan. Biayanya cuma Rp. 20.000/orang.

Dari batas hutan dan kebun warga inilah kita mulai berjalan kaki. Di antara kami berlima yang mendaki, ditambah dua anggota baru dari Pati dan Rembang, belum ada yang pernah mendaki Gunung Sindoro. Jadi ya kami pasrah saja pada jalur yang terus menanjak yang ada di depan mata.

Cara membagi waktu mendaki Gunung Sindoro

Oh ya, secara umum jalur pendakian Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu terdiri dari empat pos. Tapi pos yang disarankan untuk camp atau mendirikan tenda adalah pos 2 dan pos 3.

Mengingat hal ini, saya mau berbagi tips mendaki Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu nih. Biar teman-teman punya bayangan. Atau paling tidak, bagi kalian yang baru pertama kali mendaki (gunung Sindoro), bisa punya gambaran.

Kalau teman-teman menyediakan waktu dua hari untuk mendaki Gunung Sindoro, itu sudah lebih dari cukup. Hari pertama, teman-teman cukup berjalan 3-4 jam saja dari batas hutan dan kebun warga ke Pos 3.

Tips Terbaik Mendaki Gunung Sindoro
Foto: Satutenda.com

Katakanlah kalau start jam dua belas, maka jam tiga atau jam empat kalian sudah bisa bersantai-santai di pos 3. Pengalaman kemarin, kami start dari batas hutan sekitar jam 10an. Meski kami mendaki sangat santai, sekitar jam 2 kami sudah tiba di pos 3.

Di pos 3, kita sudah bisa dapat view yang sangat bagus. Kalau lagi nggak mendung atau berkabut, kita bisa menyaksikan sunset dan Gunung Sumbing yang berdiri tegak di depan sana.

Area camp di pos 3 ini sangat luas, bisa muat sampai ratusan tenda. Jadi nggak usah khawatir. Kalian mau sampai pos 3 jam berapa saja, pasti kebagian tempat buat mendirikan tenda.

Pos 3 Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu
Foto: Satutenda.com

Keesokan harinya, hari kedua, kamu tinggal milih. Mau summit dini hari atau pagi terserah. Tapi kalau boleh saya saranin, kalau sehari sebelumnya kalian tiba di pos 3 lebih awal dan merasa istirahatnya sudah cukup, mending summit dini hari aja.

Tapi kalau mau summit pas pagi hari, ya silakan. Resikonya pasti kena panas terik saat berjalan ke puncak. Lagi pula, catatan dari basecamp jam 11.00 sudah harus turun dari puncak karena bau belerangnya sangat tajam jelang tengah hari.

Kemarin, kami summit pukul 02.00. Kami butuh tiga setengah jam untuk menginjakan kaki di puncak Gunung Sindoro, 3.153 mdpl. Jadi ketika, rona merah sunrise membentang di ufuk timur, kami sudah berada di hutan mati. Dari hutan mati, hanya butuh sekitar 15 menit untuk sampai ke puncak.

Sunrise di Gunung Sindoro
Foto: Satutenda.com

Dan kami benar-benar bisa menyaksikan matahari terbit dari puncak Gunung Sindoro. Rasa haru, bahagia, syukur, juga takjub tergambar jelas di wajah kami masing-masing…

Benar kata Mas Subur, pendiri basecamp Pajero, “Di gunung, kamu bisa menemukan hal-hal yang tidak bisa kamu temukan dimana pun, termasuk di tempat-tempat ibadah…”.

Usai menyaksikan keindahan pagi hari pertama bulan Oktober 2019 di puncak Sindoro, kami bergegas turun. Pukul 09.00 pagi kami sudah tiba kembali di pos 3.

Kami sempat melanjutkan tidur yang masih tersisa dini hari tadi, lalu masak untuk makan siang dan turun. Di batas hutan, kami langsung pesan ojek untuk menjemput hingga ke basecamp, dengan biaya, Rp. 20.000 per orang; sama seperti kemarin.

Inilah tips mendaki Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu, yang bisa kami bagikan untuk teman-teman berdasarkan pengalaman kami sendiri. Semoga bermanfaat! Salam #SatuTenda (Tulisan sebelumnya – part 1)

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Tips Mendaki Gunung Sindoro, Cukup Dua Hari dengan Biaya SIMAKSI Sangat Terjangkau (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by