Tips Mendaki Gunung Slamet Saat Hujan | Via Gunung Malang

Tips Mendaki Gunung Slamet Saat Hujan | via Gunung Malang, Satutenda.com – Pada Maret 2019 kami tim Satutenda mendaki gunung Slamet via gunung Malang.

Mendaki di saat musim hujan seperti ini sudah pasti ada beberapa kendala yang kami temui. Dari sejumlah kendala inilah, kami ingin membagikan tips khusus buat teman-teman yang hendak mendaki Gunung Slamet, saat musim hujan.

Tips ini kami bagikan berdasarkan pengalaman perjalanan kami sendiri. Tujuannya agar teman-teman pendaki lainnya yang baru mencoba jalur gunung Malang, bisa mengantisipasi hal-hal buruk yang bisa saja terjadi di sepanjang perjalanan.

# Kenakan baju lengan panjang

Pendakian ke Gunung Slamet via gunung Malang sedikit berbeda dari perjalanan kami di sejumlah gunung lainnya.

Kondisi jalanan yang masih sempit, dipadati rumput dan tumbuhan lainnya menjadi salah satu kendala yang kami temui sepanjang perjalanan.

Selain rumput, ada juga satu jenis tumbuhan berduri yang tumbuh di sepanjang jalan. Nah, tumbuhan ini ketika mengenai lengan atau tangan, cenderung terasa perih, panas, gatal dan rasanya sakit sekali.

Tips mendaki gunung Slamet di musim hujan
Kondisi tangan ketika disayat rumput (Foto : satutenda.com)

Karena itulah kami menyarankan supaya kamu mengenakan baju lengan panjang ketika mendaki Gunung Slamet melalui jalur ini.

# Kenakan celana panjang

Pada beberapa pendakian kami sebelumnya, ada anggota tim kami yang terbiasa mengenakan celana pendek. Tapi kebiasaan ini jangan sampai kamu lakukan di jalur gunung Malang ya.

Berhubung jalanan dipenuhi tumbuhan liar yang berduri, jadi untuk menghindari agar kaki tidak tersayat duri atau kayu, sebaiknya kamu mengenakan celana panjang.

# Kenakanlah sepatu

Jika ditanya soal kenyamanan saat muncak, saya adalah tipe pendaki yang lebih nyaman mendaki dengan mengenakan sandal ketimbang sepatu.

Tapi kemarin, saat pendakian ke gunung Slamet, kebiasaan saya ini ternyata harus diubah. Ini karena kondisi tanah di jalanan hampir semuanya ditutupi berbagai jenis semak. Otomatis, kita tidak bisa melihat secara tepat dimana kaki kita akan berpijak.

Tips mendaki gunung Slamet di musim hujan
Track pendakian via gunung Malang (Foto : satutenda.com)

Tekstur jalan yag berlubang akibat kikisan air hujan membuat kaki bisa terluka bahkan terkilir karena salah pijak. So… untuk mengatasi itu, saya akhirnya harus mengenakan sepatu sehingga bisa memudahkan saya saat berjalan.

Jadi, teman-teman bisa mempertimbangkan tips yang satu ini sebelum memutuskan hendak mendaki gunung Slamet via gunung Malang kala musim hujan.

# Bawalah jas hujan

Tips mendaki gunung Slamet saat musim hujan berikutnya adalah jangan lupa untuk membawa jas hujan. Barang ini sudah pasti harus dibawa karena kami mendaki saat musim hujan.

Tapi ternyata, sepanjang perjalanan jas hujan ini juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yaitu melindungi pakaian sehingga tidak basah saat melintasi rumput atau sempak yang masih menyimpan sisa-sisa air hujan atau embun.

Tips mendaki gunung Slamet di musim hujan
Pendakian gunung Slamet (Foto : satutenda.com)

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, track perjalanan ke gunung Slamet via gunung Malang  ini hampir semuanya dipenuhi rerumputan. Jadi ketika hujan sudah reda pun, kita akan tetap basah karena percikan air dari rumput atau pohon-pohon di sepanjang perjalanan.

Bagi kamu yang tidak nyaman untuk mendaki dengan mengenakan pakaian basah, kamu bisa mengenakan jas hujan untuk melindungi pakaianmu sehingga tidak basah.

# Gunakan trekking pole

Tips mendaki gunung Slamet di musim hujan berikutnya adalah jangan lupa sertakan trekking pole dalam list perlengkapanmu.

Kenapa butuh trekking pole? Karena, sepanjang perjalanan kondisi jalan menanjak tanpa ada bonus dataran, dan cukup terjal. Ada juga beberapa pohon yang tumbang menghalangi jalan, sehingga mempersulit langkah kaki.

Tips mendaki gunung Slamet di musim hujan
Track pendakian via gunung Malang (Foto : satutenda.com)

Jika sudah seperti ini, kita membutuhkan trekking pole untuk memudahkan lutut menahan tumpuan tubuh.

# Bawalah flysheet

Tips mendaki gunung Slamet di musim hujan yang terakhir adalah jangan lupa untuk membawa flysheet. Fungsinya untuk melindungi tenda dari terjangan badai.

Ketika kami mendaki gunung Slamet, cuaca kurang bersahabat. Kondisi badai, hujan dan angin cukup besar saat itu. Malam harinya, tenda kami hampir copot diterpa angin kencang.

Tips mendaki gunung Slamet di musim hujan
Tenda dilengkapi flysheet (Foto : satutenda.com)

Beruntungnya saat itu kami memasang flysheet, sehingga malam itu tenda kami tidak roboh dan bisa selamat dari amukan badai.

Baca Juga : Kesulitan Mendaki Gunung Slamet via Gunung Malang

Bagikan Artikel Ini:
  • 57
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *