Satutenda.com
Muncak

Tips Mengatasi Hipotermia di Gunung, Kamu Harus Tahu

tips mengatasi hipotermia di gunung

Tips Mengatasi Hipotermia di Gunung, Satutenda.com – Mendaki gunung di musim hujan seperti sekarang, tentu memiliki tantangan tersendiri. Selain kondisi jalur pendakian yang licin, pendaki juga mesti waspada terhadap hipotermia yang bisa terjadi.

Hipotermia bisa menyebabkan kematian pendaki. Hipotermia merupakan kondisi di mana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Karena kondisi dingin tertentu tubuh manusia tak bisa menyeimbangkan rasa panas dan dingin. Ini membuat kondisi tubuh melemah, termasuk detak jantung juga ikut melemah.

Bagaimana cara mengatasi hipotermia di gunung? Ini tips mengatasi hipotermia di gunung yang harus diketahui pendaki gunung.

1.Istirahat dan hentikan pendakian

Cuaca di gunung tidak bisa diprediksi. Hujan dan badai bisa datang tiba-tiba. Pendaki gunung harus awas dan siap dengan kondisi ini.

Bila kehujanan kemudian merasa kedinginan dan hipotermia, hentikan pendakian. Beristirahatlah dulu dan dirikan tenda. Jangan memaksakan diri untuk terus melanjutkan perjalanan karena ini bisa membahayakan keselamatanmu.

2.Ganti Pakaian

Tips mengatasi hipotermia di gunung yakni dengan mengganti pakaian yang kamu kenakan. Biasanya hipotermia dialami pendaki karena kehujanan dan pakaian yang dikenakan basah. Untuk mengurangi rasa dingin yang menggigit, gantilah pakaian basahmu dengan pakaian yang kering.

3.Pakailah Jaket, Kaos Kaki, Sleeping Bag

Tips mengatasi hipotermia di gunung yang lain dengan memakai jaket berlapis, kaos kaki, dan sarung tangan. Kamu juga bisa memakai penutup kepala dan slayer di leher. Kemudian masuklah ke dalam sleeping bagmu agar lebih hangat.

Jangan lupakan perlengkapan-perlengkapan dasar mendaki gunung ini. Kalau kamu tidak membawanya, bisa berakibat fatal, apalagi bila kamu kedinginan dan mengalami hipotermia.

4.Berpelukan

Saat pendaki gunung mengalami hipotermia, cara untuk mengatasinya bisa dengan berpelukan. Berpelukan bisa memberi kehangatan bagi teman pendaki yang mengalami hipotermia.

5.Hangatkan Badan dengan Air Hangat

Menghangatkan badan dengan air hangat menjadi salah satu tips mengatasi hipotermia di gunung. Rebuslah air kemudian masukan ke dalam botol. Tempelkan botol berisi air hangat ini ke tubuhmu sehingga bisa menghangatkanmu.

6.Minum Air Hangat dan Makan

Ketika mengalami hipotermia, minumlah air hangat dan makan. Asupan makanan dan minuman ini bisa menghangatkan tubuh saat kita kedinginan.

Semoga tips mengatasi hipotermia di gunung ini bermanfaat. Persiapkan pendakianmu dengan baik dan bawalah peralatan mendaki gunung yang dibutuhkan. Waspadalah pada hipotermia yang mengancam pendaki gunung.

ARTIKEL TERKAIT

Gaya Foto Keren di Tempat Wisata Bukit Tuamese yang Bisa Kamu Tiru

Edeltrudizh

Daftar Gunung di Pulau Jawa yang Buka di Awal Tahun 2019. Yuk Cek!

Steve Elu

Balapan Ke Puncak, Pendaki Hilang di Gunung Lawu?

Tiwie Pert