Satutenda.com
Image default

Touring Keliling Indonesia Bersama Mio Soul GT: Satutenda untuk Indonesia

Satutenda.com – Saya tidak pernah membayangkan, suatu ketika saya akan membuat keputusan yang cukup besar, ingin touring keliling Indonesia. Apalagi rencana tersebut terbilang nekat karena dilakukan seorang diri.

Namun, akhirnya apa yang tidak saya bayangkan tersebut segera terwujud. Ya, saya akan touring keliling Indonesia. Saya ingin menjelajah nusantara dengan roda dua. Dan, motor yang saya pakai adalah motor matic Mio Soul GT 125.

Saya pakai motor pabrikan Yamaha ini karena memang motor inilah yang saya punya sekarang. Kata beberapa orang yang tahu rencana saya ini bertanya, “yakin mau pakai motor kecil? Bukannya lebih bagus kalau pakai motor gede?”

Ya. Kalau saya punya motor gede pasti saya pakai. Tapi, yang tersedia sekarang adalah motor Mio Soul GT 125. Nah, daripada menunggu hingga punya motor besar, yang entah kapan atau malah tidak pernah, mengapa tidak pakai yang ada saja dulu?

Motor ini saya beli dari saudara saya, dua tahun silam. Di tangannya, motor ini ia gunakan untuk ojek online, sekitar setahun. Meski saya tidak paham-paham amat mengenai motor, tapi saya cukup nyaman saat menggunakannya. Rasanya masih sangat stabil.

Menuju akhir 2019, saya mencoba untuk touring menggunakan motor ini. Dari Jakarta, saya menuju Palutungan di kaki Gunung Ciremai, Jawa Barat. Ketika itu, saya pergi bersama adik saya sebagai boncenger.

BACA: Pengalaman Pertama Solo Touring Jakarta – Kuningan dengan Motor Matic Mio Soul GT

Selama perjalanan pergi-pulang, saya merasa sangat nyaman. Tidak ada gangguan berarti setelah balik ke Jakarta.

Sebulan kemudian, saya coba lagi. Kali ini, motor Mio Soul GT 125 ini saya ajak menjelajah lebih jauh. Bersama pasangan saya, kami menuju Gombong, Jawa Tengah. Pada perjalanan ini saya cukup memaksa. Berangkat dari Jakarta dini hari, saya tiba di Gombong dini hari berikutnya, sekitar pukul 02.00 WIB.

Satutenda untuk Indonesia Mio Soul GT

Sebetulnya bisa lebih awal. Hanya saja saya mampir ke beberapa tempat wisata yang searah dengan jalan utama.

Meski terkesan maksa, motor ini tetap aman. Hingga kembali lagi ke Jakarta, kondisi fisik motor tetap prima. Paling ritual bulanan wajib seperti ganti oli, kampas rem, oli mesin, dan servis ringan.

BACA: Solo Touring 15 Kota dalam Empat Hari: Dari Kebumen hingga Purwokerto

Akhir tahun 2019, jarak tempuh untuk motor yang sudah saya kendarai selama dua tahun ini, saya tambah. Kali ini ke Yogjakarta. Perjalanan ini bisa saya bilang maraton karena dilakukan hanya dalam empat hari. Dua hari berangkat, dua hari pulang. Dan seperti biasa, motor Mio Soul GT 125 tetap aman.

Kalian bisa membaca kisah touring akhir tahun tersebut di artikel berikut ini: Touring Jakarta – Jogjakarta Pakai Motor Matic Mio Soul GT

Dari sejumlah touring ini, saya mulai simpulkan. Motor dengan daya maksimum 7.0 kW / 8000rpm ini cukup tangguh untuk ukuran motor matic. Oke juga nih kalau diajak mutarin Indonesia.

Satutenda untuk Indonesia

Berbekal keyakinan tersebut, saya putuskan untuk memulai touring keliling Indonesia menggunakan motor Mio Soul GT 125 ini. Apa pun yang bakal terjadi, saya percaya motor kesayangan saya ini bisa membawa saya pergi dan menjelajah.

Touring yang saya beri tema “Satutenda untuk Indonesia” ini akan dimulai dengan menjelajah Pulau Sumatra. Awali dari Jakarta, solo riding saya ini akan berakhir di Pulau Weh, Titik O KM Sabang, kemudian balik lagi hingga Jakarta.

Setelah itu, barulah saya akan bertolak ke Sulawesi dan terus bergerak ke pulau-pulau lainnya yang ada di sisi timur Indonesia. Semoga petualangan keliling Indonesia bersama motor matic Mio Soul GT ini senantiasa lancar dan aman sampai akhir.

Salam meliuk!

ARTIKEL TERKAIT:

Sekali Lagi, SatuTenda Diundang Menghadiri Launching Wahana Baru Dufan 2019

Admin

Traveling Team Satutenda Ke Wisata Telaga biru dan Tebing Koja. Mudah dan Murah Meriah

Edeltrudizh

Pendakian Gunung Gede-Pangrango 2019 Lintas Jalur (Gunung Putri – Cibodas)

Admin