Transportasi Jakarta-Puncak Bagi Pendaki Gunung Sekitar Bogor

Transportasi Jakarta-Puncak, Satutenda.com – Bagi pendaki gunung dari Jakarta yang ingin mendaki gunung sekitar Bogor, ada perubahan jalur transportasi Jakarta-Puncak neh. Setidaknya sejak empat bulan terkahir bus Jakarta-Puncak tidak bisa melewati jalur Puncak.

Pendaki yang ingin menggunakan bus untuk menuju gunung sekitar Bogor seperti Gunung Gede Pangrango via Cibodas, Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri, Gunung Kencana Puncak tidak bisa menumpang bus dari Jakarta-Puncak.

Longsor yang terjadi beberapa waktu lalu mengakibatkan trayek bus Jakarta-Puncak tidak lagi beroperasi. Hanya angkutan kota atau angkot yang lewat jalur Puncak.

Pada Juni 2018 lalu, Tim Satutenda mendaki ke Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri. Kami rencana akan naik bus dari Terminal Kampung Rambutan ke Gunung Putri via Puncak. Namun ternyata bus tidak lewat Puncak. Bus memutar melewati Jonggol menuju Cianjur.

BACA: Simaksi Gunung Kencana Bogor 2018, Murah dan Terjangkau

Kami yang tidak tahu akhirnya berhenti di Cianjur dan menyambung angkot menuju basecamp Gunung Putri. Perjalanan ini tentu memakan waktu lebih lama dan biaya lebih besar.

Ketika Tim Satutenda akan mendaki Gunung Kencana Bogor pada 11 September 2018, ternyata transportasi Jakarta-Puncak dengan bus masih belum bisa melewati Puncak. Semua bus lewat Cianjur.

Lalu bagaimana kalau pendaki gunung mau mendaki ke gunung sekitar Bogor tanpa harus lewat Jonggol dan Cianjur?

BACA: Gaya Foto Keren Saat Sunrise di Puncak Gunung Kencana. Kamu Harus Coba

Kalau pendaki gunung ingin menggunakan angkutan umum harus menggunakan angkot dari Terminal Kampung Rambutan menuju Ciawi. Dari Ciawi, kamu harus naik angkot ke arah Puncak.

Selain itu, pendaki gunung bisa menggunakan angkot dan kereta api dari dan menuju Jakarta. Hal ini yang kami coba saat pulang dari mendaki Gunung Kencana Bogor.

Kami memilih untuk menggunakan angkot dari Kampung Arab/Tugu Puncak menuju Sukasari, Bogor. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan dengan angkot ke Stasiun Bogor.

Dari Stasiun Bogor, Tim Satutenda transit kdi Stasiun Tanah Abang dan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Pondok Ranji.Waktu tempuh pulang dari Puncak ke Jakarta lebih singkat dibandingkan dengan perjalanan berangkat menggunakan bus.

Nah, bagi teman-teman pendaki gunung yang ingin mendaki gunung di Jawa Barat dengan jalur transportasi Jakarta-Puncak, sebaiknya tidak menggunakan bus. Biaya transportasi Jakarta-Puncak menggunakan kereta dan angkot jauh lebih hemat waktu dan biaya. Jadi, kapan mau nanjak lagi?

Bagikan Artikel Ini:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *