Vatikan, Negara di dalam Negara dengan Sejumlah Tempat Instagramable

Vatikan, Satutenda.com – Kamu pernah mendengar nama negara Vatikan? Dan tahukah kamu dimana letak negara ini? Negara Kota Vatikan merupakan sebuah negara yang unik. Negara ini terletak di dalam negara Italia.

Vatikan berada di wilayah kota Roma, Italia bagian barat yang dibatasi dengan tembok tinggi. Negara ini juga memiliki berbagai wilayah dan gedung yang terletak di dalam wilayah Italia namun menjadi bagian dari Vatikan. Wilayah ini biasanya disebut wilayah ekstrateritorial.

Basilika Santo Petrus, Vatikan
Basilika Santo Petrus (Foto: @satutendacom)

Negara ini dipimpin oleh Sri Paus, yang juga merupakan pimpinan agama Katolik seluruh dunia. Negara ini memiliki bangunan dan gedung-gedung bersejarah yang mempesona. Jika kamu mengunjungi negara ini, atau berkunjung ke Eropa, sempatkan untuk mampir ke Vatikan dan sekitarnya. Ada sejumlah tempat instagramable yang sayang untuk dilewatkan.

Mengunjungi tempat ini, dijamin kamu nggak bakal bingung mencari spot foto yang keren. Kamu bisa selfie atau berswa foto di Lapangan Santo Petrus dengan latar belakang Basilika Santo Petrus. Ini merupakan basilika megah dengan keindahan arsitektur yang mempesona dan pilar-pilar kokoh yang menyangga bangunan ini.

Vatikan
Wisatawan berswa foto dengan latar belakang Basilika St Petrus. (Foto: @satutendacom)

Kamu juga bisa mengunjungi dan menikmati keindahan berbagai tempat di sekitar basilika seperti Kapel Sistine, Museum Vatikan dan lain-lain. Keindahan arsitektur bangunan-bangunan di sana sungguh mempesona.

Selain Basilika Santo Petrus, kamu bisa mengunjungi Castel Sant Angelo (Kastil Para Malaikat), Roma. Kastil ini berjarak satu Kilometer dari Basilika Santo Petrus. Yang menarik, ada jalan rahasia dari Castel Sant Angelo ke Basilika Santo Petrus. Dahulu, jalan rahasia ini digunakan sebagai jalur penyelamatan Paus ketika terjadi keadaan darurat.

Castel Sant Angelo
Castel Sant Angelo di Roma. (Foto: @satutendacom)

Kamu juga bisa mengabadikan momen indahmu dengan berfoto di depan sebuah koloseum yang sangat terkenal. Koloseum ini disebut juga Flavia Amphitheatre. Ini adalah stadion atau gedung pertunjukan terbuka.

Bangunan koloseum ini sudah berumur ribuan tahun. Dulu tempatini digunakan untuk bertarung para gladiator dan binatang buas.

Koloseum di Vatikan
Koloseum atau Flavia Amphitheatre yang dulu menjadi tempat gladiator dan binatang buas diadu. (Foto: @satutendacom)

Pengalaman mengunjungi Kota Abadi dan sekitarnya meninggalkan kesan begitu mendalam. Kita bisa menikmati wisata sejarah dengan mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Banyak umat beragama Katolik dari berbagai negara datang dan mengunjungi tempat ini. Selain umat Katolik, negara ini juga terbuka terhadap pemeluk agama lain yang mengunjungi negara ini.

Dari Indonesia, beberapa tokoh diketahui pernah mengunjungi Vatikan. Sebut saja Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2010-2015), Din Syamsuddin. Chairman of Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations/CDCC (2007-sekarang) ini beberapa kali datang ke negara ini untuk mengikuti kegiatan lintas agama. Tahun 2013, ia bersama para tokoh agama dari berbagai negara beraudiensi dengan Paus Fransiskus.

Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarga juga pernah mengunjungi Vatikan. SBY dan keluarga yang tengah berlibur ke Eropa, menyempatkan singgah di Roma dan mengunjungi Vatikan pada medio 2017. Meskipun tidak bertemu Paus Fransiskus karena Paus sedang berlibur, namun SBY dan keluarga tetap merasa terkesan dengan pesona negara yang memiliki banyak bangunan bersejarah ini.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *