Satutenda.com
Muncak

Waduh, Ada Gunung Tutup Lagi di Awal Tahun 2019. Mana Saja Ya?

gunung tutup awal tahun 2019

Gunung Tutup Awal Tahun 2019, Satutenda.com – Sejumlah gunung di Indonesia menutup jalur pendakiannya pada awal tahun 2019. Selain Gunung Raung, Gunung Semeru, Gunung Prau, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango, ada lagi gunung yang tutup untuk pendakian awal tahun 2019.

Alasan gunung tutup awal tahun 2019 beragam. Ini mulai dari cuaca ekstrem, pemulihan ekosistem, status gunung waspada hingga karena evakuasi pendaki yang hilang atau pendaki yang tersesat di gunung.

Gunung mana saja yang juga tutup di awal tahun 2019? Yuks kita simak:

1.Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Karena cuaca buruk yang akhir-akhir ini terjadi, Gunung Merbabu tutup mulai 30 Desember 2019. Penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu ini demi keamanan para pendaki.

2.Gunung Rinjani, Lombok

Gunung yang juga tutup di awal tahun 2019 adalah Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jalur pendakian Gunung Rinjani tutup mulai 1 Januari 2019 karena cuaca ektrem dan untuk pemulihan ekosistem.

Penutupan jalur pendakian Gunung Rinjani belum ditentukan batas waktunya. Bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Rinjani, tunggu pengumuman selanjutnya ya.

3.Gunung Merapi, Yogyakarta

Sejak beberapa waktu lalu, status Gunung Merapi berada pada level waspada. Oleh karena itu, semua jalur pendakian Gunung Merapi ditutup.

4.Gunung Salak, Jawa Barat

Gunung di Jawa Barat dengan ketinggian 2.211 Mdpl ini juga ditutup sementara. Jalur pendakian Gunung Salak dan Kawah Ratu tutup mulai 18 Desember 2018.

Pembukaan jalur pendakian Gunung Salak hingga kondisi memungkinkan untuk dibuka kembali.

5.Gunung Arjuno-Welirang, Jawa Timur

Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini membuat sejumlah gunung menutup jalur pendakiannya. Termasuk Gunung Arjuno-Welirang di Jawa Timur.

Sejak 20 Desember 2018, jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang tutup. Hingga awal tahun 2019, gunung ini belum dibuka.

Selain cuaca buruk, penutupan Gunung Arjuno-Welirang untuk membantu operasi SAR pendaki hilang di Gunung Arjuno, Faiqus Syamsi. Hingga saat ini, Faiqus Syamsi belum ditemukan. Operasi SAR pertama pencarian Faiqus resmi ditutup pada 26 Desember 2018.

BACA JUGA: Pendaki Hilang di Gunung Arjuno, Pencarian Masih Terus Dilakukan

Pencarian dilanjutkan oleh keluarga dan relawan, termasuk anggota tim SAR sebelumnya. Operasi pencarian kedua mulai 27 Desember 2018-3 Januari 2019. Namun survivor yang hilang di Gunung Arjuno belum juga ditemukan.

6.Gunung Lawu, Jawa Timur

Pendaki hilang di gunung juga terjadi di Gunung Lawu baru-baru ini. Alvi Kurniawan, pendaki asal Magelang, Jawa Tengah hilang di Gunung Lawu sejak 1 Januari 2019 . Tim SAR terus melakukan pencarian hingga kini.

Untuk kepentingan pencarian pendaki hilang di Gunung Lawu, jalur pendakian Gunung Lawu tutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kita doakan semoga Alvi Kurniawan segera ditemukan.

BACA JUGA: Balapan Ke Puncak, Pendaki Hilang di Gunung Lawu?

7.Gunung Sumbing, Jawa Tengah

Gunung Sumbing juga termasuk gunung yang tutup di awal tahun 2019. Jalur pendakian Gunung Sumbing yang ditutup adalah Gunung Sumbing via Bowongso.

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Bowongso tutup mulai 10 Januari 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan.

8.Gunung Slamet, Jawa Tengah

Gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet juga tutup di awal tahun 2019. Semua jalur pendakian Gunung Slamet tutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Bagi para pendaki yang sudah memiliki rencana untuk mendaki gunung-gunung tersebut, atur ulang agendamu ya.

ARTIKEL TERKAIT

Tempat Wisata dan Foto Di Jalur Pendakian Gunung Gede via Cibodas

Steve Elu

Wow! Ini Gunung di Indonesia dengan Padang Savana Terindah di Jalur Pendakiannya (Part 2)

Tiwie Pert

Muncak Dua Kali, Consina Angelica Jadi Teman Setia

Tiwie Pert