Satutenda.com
Fotografi

Pantai Watu Maladong, Wisata di Sumba dengan Pesona Batu Karang Eksotis

Wisata pantai Watu Maladong 2018

Pantai Watu Maladong, Wisata di Sumba dengan Pesona Batu Karang Eksotis, Satutenda.com – Pantai Watu Maladong merupakan salah satu pantai unik yang terletak di desa Panenggo Ede, kecamatan Kodi Balaghar, kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

Mengapa dikatakan unik? Alasannya, karena daya tarik pantai ini agak sedikit berbeda dari sejumlah pantai lainnya, seperti pantai Walakiri,  yang merupakan salah satu wisata kebanggaan orang Sumba.

Keunikan yang dikenal sebagai salah satu ciri khas dari pantai Watu Maladong ini adalah pesona batu karangnya. Di sekitaran pantai bahkan di tengah laut, ada beberapa deretan bongkahan batu karang yang terlihat eksotis.

Jika dipandang secara sepintas, deretan batu karang ini menyerupai tebing batu seperti yang biasa disasar oleh para traveler pemanjat tebing.

Tekstur dari beberapa batu karang yang ada di pesisir pantai ini berbentuk menyerupai pintu gua dengan hiasan cela-cela kecil.

Sedangkan sisi lainnya menjulang tinggi layaknya batu karang raksasa yang usianya tak termakan oleh hempasan ombak.

Perlu kamu ketahui bahwa cela-cela kecil yang terdapat pada bagian bawah bongkah batu karang ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Jadi benar-benar alami ya teman-teman. Dari cela-cela batu karang inilah para pengunjung menjadikannya sebagai salah satu spot foto terbaik.

Wisata pantai Watu Maladong 2018
Wisata pantai Watu Maladong (Foto : Instagram.com/chieka77)

Wisata pantai Watu Maladong ini benar-benar masih alami dan sedikit jauh dari pusat kota. Karena itulah, di sekitaran pantai ini tidak tersedia hotel atau penginapan khusus buat para pengunjung.

Saking alaminya, beberapa meter sebelum sampai ke pantai ini kondisi jalannya pun ikut alami, alias kurang mulus. Jadi siap-siap fisik ya jika ingin berwisata ke sini.

Baca Juga : Air Terjun Tanggedu, Twin Canyon di Sumba Timur. Ini Mirip Grand Canyon Arizona

Soal akses jalan menuju ke pantai Watu Maladong ini, memang tidak terlalu sulit. Hal ini mungkin berlaku bagi teman-teman yang masih berada di kawasan Nusa Tenggara Timur, karena mereka sudah paham dengan jalurnya.

Namun, bagi teman-teman yang berasal dari luar NTT dan belum pernah ke pulau Sumba, mungkin akan sedikit kewalahan.

Jadi, bagi kamu yang berasal dari luar NTT, pilihan transportasi yang kami rekomendasikan adalah menggunakan pesawat, dengan titik tujuan bandara Tambolaka.

Dari bandara Tambolaka, teman-teman bisa menggunakan jasa angkutan umum atau memilih jasa carter mobil menuju daerah Walandimu.

Dari daerah Walandimu, teman-teman akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek hingga tiba di pantai Watu Maladong

Akses perjalan ke wisata pantai Watu Maladong ini memang masih terbilang jauh, tapi percayalah segala rasa capemu akan terbayang dengan pesona pantai ini.

Sejauh ini, pantai Watu Maladong adalah salah satu pantai dengan pesona batu karang yang eksotis yang ada di Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT

Serpihan Pantai Kuta yang Terselip di Pantai Balangan

Edeltrudizh

Dua Srikandi Indonesia Mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Everest

Tiwie Pert

Sejumlah Tips Buat Traveler Pemula di Kota Sendiri

Steve Elu