Satutenda.com
Tips

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berwisata ke Pantai Tablolong

Wisata Pantai Tablolong Kupang

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berwisata ke Pantai Tablolong, Satutenda.com – Pantai Tablolong adalah salah satu wisata paling populer di daerah Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Jika suatu hari nanti, teman-teman pembaca Satutenda.com di luar NTT yang tanpa sengaja berkunjung ke kota Kupang, kami sarankan untuk berkunjung ke wisata tersebut.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan pantai Tablolong adalah suasana pantai dan air laut yang masih alami dan jernih. Kondisi air laut masih biru dan bersih dari tumpukan sampah yang menumpuk dan bergenang menghiasi dasar permukaan laut.

Nah, sebelum teman-teman berwisata ke pantai Tablolong, sebaiknya ketahui dahulu 5 hal ini sebagai persiapan awal.

Pesona Mangrove atau hutan Bakau di pantai Tablolong
Pesona Mangrove di pantai Tablolong (Foto : instagram.com/dearezkitha)

1. Membutuhkan waktu hampir 1 jam untuk sampai ke lokasi

Akses menuju pantai Tablolong memakan waktu sekitar 1 jam, jika titik keberangkatannya dimulai dari pusat kota Kupang.

Jika titik keberangkatannya dari daerah-daerah di luar Kupang kota (misalnya : Oesao, Naibonat, Camplong, dll), maka jangka waktu perjalananya akan lebih lama.

2. Akses jalan masuk sempit dan belum begitu mulus

Banyak sekali teman-teman traveler yang memberikan ulasan yang sama terkait jalan masuk menuju area wisata pantai Tablolong ini.

Akses jalan masuk ke pantai Tablolong tidak begitu mulus, dan masih sempit sehingga tidak begitu nyaman bagi para traveler yang berkunjung menggunakan mobil. Bukan Cuma pengguna mobil, pengguna motor juga mengeluhkan kondisi ini.

Tapi itulah Kupang, jika teman-teman berharap wisata di Kupang dan daerah-daerah di NTT pada umumnya, harus seperti di Jakarta, Jogja, Surabaya, dll, maka konsep pemikiran itu sangat salah.

NTT masih jauh dari kata sejahtera dan masih jatuh bangun menata tempat wisatanya. Jadi mohon dimaklumi saja kondisi seperti ini.

3. Tiket masuk terbilang murah

Harga tiket masuk ke pantai Tablolong cukup murah yakni, untuk pengendara motor dikenakan Rp. 5.000, sedangkan untuk mobil dikenakan tariff Rp.10.000. Selain biaya tiket masuk, setiap pengunjung juga dikenakan tariff parkir sebesar Rp. 5.000 untuk semua jenis kendaraan.

4. Minimnya tempat kuliner

Salah satu hal yang dikeluhkan para pengunjung adalah minimnya tempat kuliner di sekitar pantai Tablolong.

Memang di sekitar pantai Tablolong tidak banyak tersedia tempat kuliner khas Kupang, tapi teman-teman bisa mengatasi hal tersebut dengan membawa bekal atau membeli beberapa cemilan atau makanan khas Kupang dari kota.

Sehingga, ketika bersantai di area pantai, teman-teman bisa menyaksikan view pantai Tablolong tanpa harus merasa lapar atau memikirkan makanan apa yang bisa dibeli di area pantai Tablolong.

5. Punya banyak spot foto

Salah satu poin penting yang bakal dilakukan oleh seorang teraveler adalah berfoto, karena momen-momen perjalanan kita perlu diabadikan seapik mungkin.

Dibalik kekurangan yang dimiliki pantai Tablolong, ada juga keunggulannya. Teman-teman traveler bisa menemukan berbagai spot foto menarik di tempat wisata ini.

Ada beberapa spot foto menarik di  pantai Tablolong, diantaranya : berpose di antara pohon Bakau (Rhizophora), berpose di atas batu karang, atau bisa juga memanfaatkan deretan Lopo (rumah kecil) sebagai tempat untuk berfoto.

Itulah informasi penting tentang hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para traveler sebelum berkunjung ke wisata pantai Tablolong.

Baca Juga : Pantai Panmuti, Wisata Pantai Dekat Kota Kupang di Saat Senja

ARTIKEL TERKAIT

Wisata Pulau Komodo, Labuan Bajo-NTT Bisa Jadi Alternatif Liburanmu

Tiwie Pert

Balapan Ke Puncak, Pendaki Hilang di Gunung Lawu?

Tiwie Pert

Sejumlah Tempat Wisata Ini, Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur ke Kefamenanu – TTU

Edeltrudizh