Wisata Sejarah di Rengasdengklok: Mengunjungi Tempat Sejarah Proklamasi Indonesia

Wisata Sejarah di Rengasdengklok, Satutenda.com – Tahukah kamu kota mana yang mendapat sebutan “Kota Pangkal Perjuangan”? Yupz, Karawang. Salah satu daerah di Jawa Barat ini disebut “Kota Pangkal Perjuangan” karena kota ini mempunyai catatan sejarah terkait proklamasi kemerdekaan RI.

Di Karawang, tepatnya di Rengasdengklok, ada tempat sejarah proklamasi Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Wisata sejarah di Rengasdengklok ini bisa menjadi pilihanmu untuk napak tilas perjuangan kemerdekaan Indonesia.

1.Rumah Rengasdengklok

rumah bung karno rengasdengklok
(foto: satutenda.com)

Rumah Rengasdengklok merupakan salah satu saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di rumah ini, pada 16 Agustus 1945, Soekarno dan Moh. Hatta pernah disembunyikan golongan muda yang mendesak untuk segera diumumkan kemerdekaan Indonesia.

Rumah Rengasdengklok juga dikenal dengan rumah “penculikan” Soekarno dan Hatta, rumah Bung Karno atau rumah pengasingan Soekarno. Seorang petani bernama Djiauw Kie Siong adalah pemilik rumah ini.

Rumah ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Rengasdengklok yang ramai dikunjungi, apalagi menjelang peringatan 17 Agustus. Di rumah ini terdapat tempat tidur yang digunakan Bung Hatta untuk tidur, sedangkan tempat tidur Soekarno yang asli dibawa ke Bandung.

Sementara di ruang tamu, rumah Rengasdengklok, pengunjung juga bisa melihat sejumlah foto Soekarno yang dipajang di ruang tamu dan foto Djiauw Kie Siong. Ada juga foto presiden Joko Widodo dan mantan presiden Megawati Soekarnoputri saat berkunjung ke sana.

2.Tugu Proklamasi Rengasdengklok

monumen tugu kebulatan rengasdengklok
(foto: satutenda.com)

Wisata sejarah di Rengasdengklok yang lain adalah Tugu Proklamasi Rengasdengklok. Tugu ini juga dikenal dengan nama Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok atau Tugu Perjuangan Rengasdengklok.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok ini dibangun di bekas markas Pembela Tanah Air (PETA). Monumen ini dibangun pada tahun 1950.

Pembangunan monumen untuk mengenang dan memperingati peristiwa Rengasdengklok, peristiwa saat golongan muda “menculik” Soekarno dan Hatta pada 16 Agustus 1945. Dan ini untuk memperingati kesepakatan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Monumen ini berupa tugu dimana terdapat teks proklamasi pada dinding bagian depan. Tugu ini menyangga bola bertuliskan 17 Agustus 1945 yang menjadi alas bentuk kepalan tangan. Kepalan ini melambangkan kebulatan tekad.

Di bagian belakang terdapat dinding berbentuk melengkung dengan relief yang menggambarkan sejumlah peristiwa bersejarah menjelang kemerdekaan RI. Relief itu menggambarkan peristiwa Jepang menyerah kepada Sekutu, peristiwa Rengasdengklok, hingga peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

3.Tugu Persatuan

tugu persatuan rengasdengklok
(foto: satutenda.com)

Sebenarnya Tugu Persatuan ini masih berkaitan dengan Tugu Proklamasi. Malahan banyak yang menyebut ini bagian Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Tempat ini berada di dekat Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok atau Tugu Proklamasi.

Tugu Persatuan berupa bentuk beberapa tangan yang mengepal. Di bagian bawahnya terdapat alas berbentuk kotak dengan cat dinding berwarna putih. Tangan-tangan usil mencorat-coret dinding tersebut. Pengunjung jarang datang ke tugu ini. Biasanya mereka lebih memilih langsung ke Tugu Proklamasi.

Itulah tempat wisata sejarah di Rengasdengklok yang bisa kamu kunjungi. Jangan lupa siapkan kameramu untuk mengabadikan termpat bersejarah di Rengasdengklok ini.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Wisata Sejarah di Rengasdengklok: Mengunjungi Tempat Sejarah Proklamasi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by