Satutenda.com
Muncak

7 Gunung di Pulau Jawa dengan Pemandangan Bunga Edelweis yang Indah

bunga edelweis gunung semeru

Bunga Edelweis, Satutenda.com – Bunga edelweis yang indah tumbuh di ketinggian di atas 2000 mdpl. Ini biasanya berbunga pada bulan April hingga September atau setelah musim hujan berakhir. Para pendaki gunung yang ingin menikmati keindahan alam dan bunga edelweis yang bermekaraan biasanya memilih untuk naik gunung pada bulan-bulan April-September.

Bunga edelweis dikenal sebagai bunga abadi dan banyak orang menganggap bunga ini sebagai simbol cinta abadi. Karena anggapan itu, bunga dengan nama latin Anaphalis Javanica ini sering diambil saat seseorang mendaki gunung dimana bunga ini tumbuh.

bunga edelweis
(Foto: beautiful-indonesia.umm.ac.id)

Padahal bunga edelweis nggak boleh dipetik atau diambil lho. Bunga edelweis semakin punah karena tangan-tangan pendaki nakal. Bunga ini mesti terus dijaga dan dilestarikan. Salah satu alasannya karena bunga ini memiliki kemampuan menahan hempasan air hujan sehingga berguna mencegah erosi di lereng gunung.

Memetik atau mencabut bunga edelweis bisa terancam hukuman sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Pendaki gunung yang melanggar larangan ini juga terkena tidak diperbolehkan naik gunung. Namun, meski dilarang, masih ada saja pendaki gunung yang memetik bunga edelweis.

Tanaman edelweis tumbuh di beberapa gunung di Indonesia, termasuk sejumlah gunung di Pulau Jawa. Dimana saja? Ini 7 gunung di Pulau Jawa dengan pemandangan bunga edelweis yang indah.

# Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat

bunga edelweis alun-alun suryakencana
(Foto: merahputih.com)

Salah satu dari 7 gunung di Pulau Jawa dengan pemandangan bunga edelweis yang indah bisa kamu temukan di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Kamu bisa menikmati pemandangan mempesona bunga edelweis di Lembah Mandalawangi dan alun-alun Suryakencana.

# Gunung Papandayan, Jawa Barat

bunga edelweis tegal alun
(Foto: instagram.com/siska_kusmayanti)

Gunung ini terkenal dengan pemandangan hutan mati dan kawahnya. Namun pendaki gunung juga bisa melihat bunga edelweis yang indah di gunung dengan ketinggian 2622 mdpl ini. Bunga edelweis banyak tumbuh di area Tegal Alun, di puncak Gunung Papandayan.

# Gunung Sindoro, Jawa Tengah

Gunung yang bersebelahan dengan Gunung Sumbing ini juga dikenal dengan pemandangan bunga edelweis yang indah. Tanaman ini tumbuh di sebuah padang edelweis yang cukup luas. Pendaki gunung bisa menikmati keindahan bunga edelweis di antara rumput dan ilalang.

# Gunung Merbabu, Jawa Tengah

bunga edelweis di gunung merbabu
(Foto: pendakislow.blogspot.co.id)

Gunung di Pulau Jawa dengan pemandangan bunga edelweis yang indah lainnya adalah Gunung Merbabu. Di gunung dengan ketinggian 3145 mdpl, bunga edelweis banyak tumbuh di sabana 2 jalur pendakian via Selo atau jalur pendakian Via Wekas. Selain itu, pendaki gunung juga bisa menikmati bunga edelweis yang indah di di sabana jalur pendakian Merbabu via Suwanting. Kamu tinggal memilih akan mendaki lewat mana, gaes.

#Gunung Merapi

Di Gunung Merapi, pendaki gunung juga bisa menikmati keindahan bunga edelweis. Belum lama ini ada rombongan pendaki yang memetik bunga edelweis lalu berfoto dengan memegang bunga itu dan mengunggah foto-foto di akun sosial media.

Aksi ini langsung mendapat reaksi keras dari para pendaki gunung lain. Akhirnya pemilik akun sosial media itu mengaku salah dan meminta maaf. Ia mengaku kalau tidak mengetahui soal aturan tidak boleh mengambil bunga edelweis.

# Gunung Lawu, Timur

pendaki gunung memetik bunga edelweis yang indah
(Foto: instagram.com/ekanurdy)

Gunung ini terletak di perbatasan dua provinsi: Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pendaki Gunung Lawu bisa menikmati pemandangan bunga edelweis yang indah di jalur pendakian melalui Cemoro Sewu. Selain itu, pendaki gunung juga bisa mendaki Gunung Lawu via Cemoro Kandang untuk melihat bunga edelweis di bulan mekarnya.

# Gunung Semeru, Jawa Timur

pendaki gunung bunga edelweis
(Foto: instagram.com/noviyantikartika1)

Gunung dengan ketinggian 3676 mdpl dengan puncak Mahameru-nya ini menjadi salah satu gunung favorit di kalangan pendaki gunung. Selain karena Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, gunung ini juga memiliki pemandangan yang indah. Termasuk pemandangan bunga edelweis. Pendaki gunung bisa menikmati keindahan bunga edelweis di area Kalimati. Di area ini, hujan abu vulkanik juga sering terjadi.

Nah, itulah 7 gunung di Pulau Jawa dengan pemandangan bunga edelweis yang indah. Mana gunung favoritmu untuk melihat bunga edelweis?

Ingat ya kamu tidak boleh memetik bunga edelweis. Bagi siapa saja yang hendak naik gunung, kita harus menjaga alam dan kelestariannya serta tidak boleh mengambil apapun dari alam. Selain itu, edukasi soal bunga edelweis yang tidak boleh dipetik juga mesti terus dilakukan.

Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan mengambil apapun kecuali foto, jangan bunuh apapun kecuali waktu.

ARTIKEL TERKAIT

Pelabuhan Larantuka, Pintu Menuju Wisata Alam Flores Timur

Steve Elu

Eloknya Pesona Fatuulan, Wisata di Soe Yang Dijuluki ‘Negeri di Atas Awan’

Edeltrudizh

Ini 5 Pantai Indah di Maumere yang Bisa Masuk List Tempat Liburan Akhir Tahunmu

Tiwie Pert