Fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana Makin Bagus, Tanda Uang SIMAKSI Para Pendaki Tepat Sasar

Fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana, Satutenda.com – Baru dua hari lalu saya pulang dari Gunung Kencana. Ternyata fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana sudah makin bagus.

Sebagai pendaki yang sudah dua kali mendaki Gunung Kencana, saya merasa puas. Perubahan fasilitas SIMAKSI bisa jadi indikator bahwa uang yang para pendaki keluarkan untuk SIMAKSI Gunung Kencana memang dipergunakan untuk membenahi dan melengkapi fasilitas di gunung ini.

Bagaimana saya bisa berpendapat demikian?

September 2018, saya bersama tim Satutenda.com mendaki Gunung Kencana. Waktu itu adalah kali pertama kami menyambangi gunung mungil di daerah Cisarua, Jawa Barat, yang lagi viral itu.

Ketika itu, SIMAKSI Gunung Kencana dilakukan di satu rumah kecil yang jadi satu dengan warung. Kesan yang datang pada saya waktu itu adalah masih sangat sederhana. Pengurusnya juga tidak selalu berada di tempat.

Jadi kami harus menunggu sekitar setengah jam lantaran pengurus yang menjaga SIMAKSI masih memetik teh. Sebagai informasi, Gunung Kencana memang dikelola oleh para pekerja atau pemetik teh di sekitar kaki Gunung Kencana.

Namun, saat saya kembali lagi kemarin, fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana sudah jauh berubah. Tempat SIMAKSI sudah dipisahkan dari warung, menempati rumah yang lebih bagus di sisi kiri jalur pendakian Gunung Kencana. Dan petugas SIMAKSI berjaga sepanjang waktu.

Persis di belakang tempat SIMAKSI dibuat satu rumah panggung kecil yang cukup tinggi, bisa digunakan sebagai tempat istirahat bagi para pendaki. Dengan begitu pendaki bisa melihat hamparan kebun teh yang berada di bawah sana.

Tangga pembuka Tanjakan Sambalado juga sudah dibuat sedemikian rupa sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat foto.

Papan “Selamat Datang” dan “Tanjakan Sambalado” yang dulunya hanya dibuat dari poster dan ditempelkan pada papan, sekarang sudah dibuat lebih bagus dengan ukiran kayu yang lebih keren.

Fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana
Fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana (Foto: Satutenda.com)

Perubahan-perubahan fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana ini membuat saya puas. Artinya, saya merasa bahwa uang yang saya keluarkan untuk membayar SIMAKSI ke Gunung Kencana memang dimanfaatkan dengan baik.

Saya juga mengakui bahwa bisa jadi kesimpulan ini terlalu cepat karena tidak berdasarkan fakta laporan pertanggungjawaban dari pihak pengelola; hanya berdasarkan amatan fisik di sana.

Namun perubahan yang begitu cepat, hanya dalam kurun waktu sekitar enam bulan, membuat saya yakin bahwa pihak pengelola Gunung Kencana berusaha menyediakan fasilitas yang baik bagi para pendaki.

BANDINGKAN: Simaksi Gunung Kencana Bogor 2018, Murah dan Terjangkau

Saat ini, Gunung Kencana sedang menjadi magnet baru bagi para penyuka ketinggian. Tiap hari selalu ada pendaki yang datang ke Gunung Kencana, entah untuk nge-camp atau hanya sekedar tik-tok (naik dan turun di hari yang sama – tanpa bermalam di puncak).

Bagi teman-teman yang belum pernah datang ke Gunung Kencana, bisa masukan destinasi yang satu ini ke agenda liburan akhir pekanmu.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana Makin Bagus, Tanda Uang SIMAKSI Para Pendaki Tepat Sasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *