Mengunjungi Florence, Singgahlah ke Ponte Vecchio

Florence – Italia, Satutenda.com – Mengunjungi negara di Eropa merupakan salah satu kesempatan emas yang pasti tak akan terlupakan. Salah satunya singgah dan menyusuri kota Florence atau Firence. Bagi penggemar novel karya Dan Brown, pasti sudah mengetahui dimana kota ini berada.

Florence merupakan salah satu tempat yang muncul di novel berjudul Inferno. Kota ini terletak di Italia. Florence atau dalam bahasa Latin disebut Florentina ini merupakan ibukota provinsi Firenze, Toscana-Italia Tengah.

Kota ini mendapat julukan “Athena Barat”. Pasalnya sejak abad ke-14 sampai abad 16, kota ini menjadi pusat budaya, ekonomi, dan keuangan di Italia dan Eropa. Florence juga dianggap sebagai kota pelopor kebangkitan seni budaya Italia.

Ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi di kota ini. Tempat apa saja yang bisa menjadi referensi tempat travelingmu di Italia?

# Sungai Arno
Florence
Sungai Arno membelah kota Florence, Italia. (Foto: instagram.com/@satutendacom)

Salah satu yang terkenal dari Florence adalah Sungai Arno. Sungai ini berada di Toscana, Italia Tengah. Sungai Arno membelah kota Florence. Panjang Sungai Arno mencapai 241 kilometer. Sungai ini berasal dari Gunung Falterano di Casentino.

Ada beberapa jembatan yang melintasi Sungai Arno antara lain Ponte alla Carraia, Ponte Vecchio, Ponte Santa Trinita dan ponte yang lain. Dan jembatan-jembatan ini mempunyai keindahannya tersendiri.

# Ponte Vecchio
Ponte Vecchio
Ponte Vecchio, salah satu jembatan tua yang melintasi Sungai Arno, Florence. (Foto: arttrav.com)

Jembatan Vecchio ini dikenal juga dengan nama The Old Bridge atau jembatan tua. Jembatan ini menjadi penghubung wilayah Lungarno dan Oltrarno yang terpisah oleh Sungai Arno. Tahun 996, jembatan ini dibangun. Jembatan yang ada sekarang dibangun pada tahun 1345.

Ponte Vecchio menjadi sebuah jembatan yang paling terkenal di Kota Florence. Pada jembatan ini terdapat deretan toko-toko souvenir yang menjual perhiasan dan busana khas kota tersebut.

Untuk menikmati pemandangan indah Ponte Vecchio, wisatawan bisa pergi ke jembatan lain di dekatnya yakni Ponte Santa Trinita. Dan waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan ini adalah pada sore hari.

# Katedral Santa Maria del Fiore di Piazza del Duomo
Piazza del Duomo Florence
Katedral ini berada di kawasan bersejarah Piazza del Duomo. (Foto: instagram.com/@satutendacom)

Selain menikmati Sungai Arno dan menyusuri jembatan-jembatan tua yang melintasi Sungai Arno, wisatawan bisa menikmati deretan bangunan bersejarah.

Di Florence, terdapat banyak bangunan bersejarah seperti gereja kuno dan istana dengan suasana Renaissance. Kota ini memang dikenal sebagai kota yang menolak pengaruh non Renaissanse.

Salah satu kawasan bersejarah yang bisa dikunjungi wisatawan adalah kawasan Piazza del Duomo. Di kawasan ini, wisatawan bisa mengunjungi beberapa bangunan bersejarah. Termasuk Katedral Santa Maria del Fiore.

Katedral ini dibangun sejak 1296 dan selesai pada 1436. Katedral Santa Maria del Fiore saat ini telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Gereja dengan gaya Italia ini memiliki kubah menjulang hasil rancangan Brunelleschi. Sedangkan bangunan utama Katedral ini bergaya arsitektur Romanesque yang dirancang oleh Arnolfo di Cambio.

Di kawasan Piazza del Duomo, masih banyak bangunan sejarah lain yang bisa dikunjungi seperti museum yang dibuka tahun 1891: Museo dell’Opera del Duomo, Campanile di Giotto atau Menara Genta Giotto dengan tinggi 84 meter dan lain-lain.

Setidaknya itulah beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Florence, Italia. Jangan lupa abadikan momen indahmu di kota bersejarah ini.

Bagikan Artikel Ini:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Mengunjungi Florence, Singgahlah ke Ponte Vecchio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *