Sedang Liburan di Jayapura? Jangan Lupa Main Ke Pantai Base G Jayapura

Pantai Base G Jayapura, Satutenda.com – Jayapura memiliki sejumlah destinasi wisata yang menawarkan sejumlah pemandangan unik. Dari pusat hingga pinggiran kota ada berbagai macam pilihan tempat wisata. Salah satunya adalah Pantai Base G Jayapura.

Letak pantai ini tidak jauh dari kota Jayapura, hanya sekitar 20 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena itu, pantai ini sering menjadi pilihan bagi warga kota Jayapura atau para pendatang untuk mengisi waktu liburan.

Awal Desember 2017, saya mendapat kesempatan untuk datang ke Jayapura. Ini adalah kali kedua saya menginjakkan kaki di tanah Papua. Yang pertama pada 2015 lalu, di kota Manokwari.

Seperti kebiasaan saya yang tak mau melewatkan kesempatan untuk berwisata ketika mendatangi sebuah kota, saya pun mencari-cara referensi tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jayapura. Dan pilihan saya akhirnya jatuh ke Pantai Base G Jayapura.

Dengan mengenderai sebuah sepeda motor, karena hanya motor yang bisa saya sewa, berangkatlah saya ke sana. Saya hanya mengandalkan panduan dari papan petunjuk dan google map. Oh ya, jangan kamu bayangkan bahwa di sana susah sinyal. Di kota Jayapura, sinyal telkomsel full akses.

Setelah kurang lebih 20 menit perjalanan tibalah saya di Pantai Base G Jayapura. Tiket masuk sangat murah, Rp. 5.000 untuk satu sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk satu mobil.

Setelah membayar tiket masuk, saya langsung mengambil arah kiri menuju sebuah rumah kecil yang ada di bibir pantai. Di sepanjang bibir pantai ini dibangun rumah-rumah kecil, semacam pendopo, yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai.

Pantai Base G Jayapura, Papua
Pantai Base G Jayapura (Foto: @jepretkaks)

Mungkin karena hari itu bukan hari libur atau akhir pekan, tidak banyak pengunjung yang datang. Jadilah saya hanya seorang diri, dengan beberapa pengjunjung di sisi lain. Tak masalah! kesendirian di pinggir pantai bukan hal baru bagi saya. Justru di saat-saat seperti itulah saya bisa puas menikmati keindahan alam yang ada di depan mata.

Pantai Base G yang terletak di bagian arat kota Jayapura ini menghadirkan pemandangan unik. Selain pasir putih yang membentang berkilo-kilo meter, ombak di pantai ini juga tidak terlalu tinggi sehingga nyaman buat pengunjung yang ingin mandi.

Pengelola pantai juga sudah memasang alat pemecah karang hingga satu kilometer ke tengah laut sehingga pantai ini menjadi cukup landai dan ombaknya pun tidak terlalu tinggi.

Di sepanjang pantai juga berjejer pohon-pohon, termasuk pohon kelapa, yang menghadirkan pemandangan indah. Keindahan yang digambarkan dalam syair lagu “Rayan Pulau Kepala” itu bisa kamu temukan di sini.

Mengenai namanya, sebetulnya pantai ini terletak di Tanjung Ria. Namun, saat Perang Dunia II pada 1944, pasukan Sekutu menjadikan pantai ini sebagai pusat militer dengan nama Base G Camp.

Sejak itu, oleh warga sekitar lebih sering menyebut pantai ini dengan nama Pantai Base G Jayapura, ketimbang Tanjung Ria. Dan hal itu masih berlanjut hingga sekarang.

Barikut ini adalah vlog saya ketika berada di Pantai Base G Jayapura:

SHARE yuk,,,!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *