Wisata Alam Pantai Bobu, Kekayaan Alam Lembata yang Tersembunyi

Wisata Alam Pantai Bobu, Satutenda.com – Pulau Lembata menyimpan aneka kekayaan wisata alam. Sebagian besar dari wisata alam di gugusan pulau ini masih sangat alamiah. Salah satunya ialah Pantai Bobu.

Tak banyak orang yang tahu tentang Pantai Bobu ini, termasuk sebagian penduduk Kabupaten Lembata. Itu disebabkan karena perjalanan ke Pantai Bobu sangat jauh dan menantang.

Perjalanan ke wisata alam Pantai Bobu hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor. Itu pung si pengendera sepeda motor haruslah ia yang sudah mahir mengenderai sepeda motor di arena mendaki dan terjal.

Karena itu, tukan ojek yang melayani perjalanan ke sana adalah anak-anak muda yang tinggal di Desa Lamalela, desa terakhir sebelum ke Pantai Bobu. Desa Lamalela ini terletak di balik gunung. Jadi, kita harus mendaki ke puncak gunung, baru turun ke Desa Lamalela dan terus ke Pantai Bobu.

Jembatan batu, Pantai Bobu, Lembata
Jembatan batu, Pantai Bobu (Foto: @jepretkaks)

Di musim hujan, perjalanan ke sana sangat sulit lantaran jalanan licin dan berlumpur. Hampir 95 persen jalanan belum berasmpal. Di kampung Dangalagu, kampung terakhir menuju Pantai Bobu, juga belum ada listrik. Untuk penerangan warga menggunakan pelita atau tenaga surya.

Karena letaknya yang sangat jauh dan susah diakses, wisata alam Pantai Bobu ini belum banyak dikunjugi oleh wisatawan. Atau, oleh traveler sekalipun. Hanya satu dua orang, yang kebetulan ada tugas tertentu, yang berkunjung ke tempat ini.

Meski demikian, bukan berarti wisata alam di Pulau Lembata ini tidak menarik. Bentangan pasir putih berkilo-kilo meter dengan latar perbukitan batu cadas menghadirkan pemandangan yang sangat unik dan menawan.

Baca Juga : Pesona Alam Pulau Siput, Wisata Unik dan Ikonik Milik Pulau Lembata

Belum lagi ditambah jembatan batu, atau oleh sebagian masyarakat menyebutnya dermaga alam. Di sini terdapat sebuah batu besar yang menujulur ke dalam laut yang memungkinkan pengunjung untuk bersani-santai di atasnya. Sementara di bawahnya terdapat lubang besar dimana air laut bisa naik sekitar 200 meter ke daratan.

Menurut cerita turun-temunurun, di masa colonial jembatan batu ini digunakan sebagai dermaga bagi kapal Belanda dan Jepang untuk mengambil rempah-rempah dari Pulau Lembata.

Jadi, bagi kamu para wisatawan atau traveler yang hendak mengadakan perjalanan ke Pantai Bobu ini, kamu bisa mengontak kami @satutendacom dan kami akan membantu memberikan akses untuk kamu bisa sampai ke wisata alam Pantai Bobu yang sangat indah ini.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Wisata Alam Pantai Bobu, Kekayaan Alam Lembata yang Tersembunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *